Update Utang Indonesia Mencapai Rp 6.031 Triliun, Tetap Aman?

Update Utang Indonesia Mencapai Rp 6.031 Triliun, Tetap Aman?
Direktur Departemen Komunikasi Erwin Haryono membeberkan posisi Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada triwulan IV 2022. Foto: JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Departemen Komunikasi Erwin Haryono membeberkan posisi Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada triwulan IV 2022.

Posisi ULN Indonesia pada akhir triwulan IV 2022 tercatat sebesar USD 396,8 miliar atau Rp 6.031 triliun denga asumsi kurs rupiah Rp 15.200 per USD.

"Tetap terkendali," ungkap Erwin dalam keterangan yang dikutip dalam laman resmi bi.go.id, Selasa (14/2).

Menurutnya, terkendalinya utang Indonesia tecermin dari rasio ULN Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang tetap terjaga di kisaran 30,1 persen.

Angka itu menurun dibandingkan dengan rasio pada triwulan sebelumnya sebesar 30,3 persen.

Selain itu, struktur ULN Indonesia tetap sehat, ditunjukkan oleh ULN Indonesia yang tetap didominasi oleh ULN berjangka panjang, dengan pangsa mencapai 87,3 persen dari total ULN.

Erwin menyebut agar struktur ULN tetap sehat, Bank Indonesia dan Pemerintah terus memperkuat koordinasi dalam pemantauan perkembangan ULN, didukung oleh penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya.

"Peran ULN juga akan terus dioptimalkan dalam menopang pembiayaan pembangunan dan mendorong pemulihan ekonomi nasional, dengan meminimalisasi risiko yang dapat memengaruhi stabilitas perekonomian," bebernya.

Direktur Departemen Komunikasi Erwin Haryono membeberkan posisi Utang Indonesia pada triwulan IV 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News