UPZ Pupuk Kaltim Salurkan Beasiswa Bagi Mahasiswa Bontang Senilai Rp 584,5 Juta

UPZ Pupuk Kaltim Salurkan Beasiswa Bagi Mahasiswa Bontang Senilai Rp 584,5 Juta
Penyaluran zakat UPZ Pupuk Kaltim kepada 210 mahasiswa Program Beasiswa Cendikia. Foto dok PKT

jpnn.com, BONTANG - Unit Pengumpul Zakat PT Pupuk Kalimantan Timur (UPZ PKT) menyalurkan Program Beasiswa Cendekia bagi 210 mahasiswa berprestasi, dari keluarga kurang mampu di Kota Bontang.

Beasiswa diserahkan secara simbolis oleh Ketua UPZ PKT Nur Sahid, bersama Wakil Wali Kota Bontang Najirah, di Hotel Grand Equator Bontang, Sabtu (22/1).

Nur Sahid menjelaskan Beasiswa Cendekia ini merupakan wujud pendayagunaan zakat melalui peningkatan kompetensi dan keterampilan masyarakat, yang sejalan dengan Peraturan Baznas RI Nomor 3 Tahun 2018, tentang Pendistribusian Zakat.

Seluruh penerima Program Beasiswa Cendekia periode ini merupakan warga asli Bontang, yang tersebar di 15 Kelurahan, dengan total senilai Rp 584,5 Juta.

Para penerima beasiswa berasal dari 46 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia, serta telah melalui proses verifikasi berupa tes dan survei menggunakan tools Had Kifayah sesuai rekomendasi Baznas RI.

Besaran beasiswa pun beragam, mulai dari Rp 2,5 juta sampai Rp 3,5 juta, sesuai komponen penilaian yang disyaratkan bagi calon penerima.

“Beasiswa merupakan salah satu program unggulan UPZ PKT dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan dan sumberdaya manusia di Kota Bontang, sesuai 5 pedoman Baznas meliputi pendidikan, ekonomi, kesehatan, kemanusiaan serta dakwah dan advokasi," tutur Nur Sahid.

Direktur Keuangan dan Umum PKT sekaligus Penasehat UPZ PKT Qomaruzzaman mengungkapkan, Program Beasiswa Cendekia ini merupakan upaya peningkatan kualitas hidup mustahik melalui pendidikan.

Unit Pengumpul Zakat PT Pupuk Kalimantan Timur (UPZ PKT) menyalurkan Program Beasiswa Cendekia bagi 210 mahasiswa berprestasi, dari keluarga kurang mampu di Kota Bontang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News