Usai Bertemu Buruh, Menaker Berkeliling Kota Karawang

Usai Bertemu Buruh, Menaker Berkeliling Kota Karawang
Menaker Hanif Dhakiri ditemani pengamen saat berada Karawang, Sabtu (21/4). Foto: Istimewa

jpnn.com, KARAWANG - Usai memberikan sambutan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Konfederasi Serikat Nusantara (KSN) 2018, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri menyempatkan berkeliling kota Karawang dengan menaiki mobil VW Safari.

Tanpa sungkan, Menaker Hanif engendarai mobil jadul warna putih itu ditemani Wakil Bupati Kabupaten Karawang, Jimmy Ahmad Zamakhsari, Presiden KSN Mukhtar Guntur Kilat, dan Sekjen KSN Ruhyat.

Kemudian, iring-iringan rombongan pun menyempatkan diri makan di Warung Bakso Yatmi yang cukup terkenal di Karawang dan bernyanyi bersama dengan pengamen jalanan.

Kehadiran Menaker Hanif mendapatkan respon hangat dari ribuan para serikat buruh/pekerja yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Nusantara (KSN) yang sedang menggelar Rakornas 2018.

Dalam sambutannya, Menaker Hanif mengungkapkan beberapa hal yang terkait dengan gambaran gerakan serikat buruh/serikat pekerja di Indonesia.

Salah satunya fenomena menurunnya jumlah pekerja yang ikut berserikat tapi di sisi lain jumlah federasi dan konfederasi meningkat.

"Ini cukup aneh. Di awal era reformasi ada 9 juta pekerja yang berserikat, tapi sekarang tersisa 2,7 juta pekerja yang berserikat. Yang menarik struktur organisasi buruh di Indonesia tumbuh kuat ke atas. Tapi, basisnya keropos," kata Menaker Hanif di Karawang, Jawa Barat pada Sabtu (21/4).

Saat ini, lanjut Menteri Hanif, jumlah konfederasi ada 14 dari sebelumnya 3 dan federasi ada 120 dari sebelumnya 91.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri menyempatkan berkeliling kota Karawang dengan menaiki mobil VW Safari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News