Usai Berziarah ke Makam Presiden Soekarno, Pangdam Sampaikan Hal Penting

Usai Berziarah ke Makam Presiden Soekarno, Pangdam Sampaikan Hal Penting
Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto setelah berziarah ke makam mantan Presiden Soekarno, di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanan Wetan, Kota Blitar, Jawa Timur, Selasa (1/6/2021). ANTARA Jatim/ Ach

jpnn.com, BLITAR - Di area makam Presiden RI pertama Soekarno, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto menyampaikan arti penting Pancasila dalam kehidupan berbangsa.

Menurut Suharyanto, Pancasila merupakan perekat bangsa dan berhasil menyatukan beribu suku etnis di Indonesia.

"Pancasila ini perekat bangsa dan negara. Melalui Pancasila, beribut suku etnis bisa menyatu dan disatukan dalam wadah NKRI," kata dia setelah berziarah ke makam mantan Presiden Soekarno, di Blitar, Jawa Timur, Selasa.

Pangdam dengan Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo berziarah ke Makam Bung Karno di Kota Blitar yang bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila.

Dia mengatakan sebagai generasi penerus bangsa serta aparat, dirinya sangat sadar dan meyakini bahwa perjuangan Soekarno yang telah menemukan serta menggali nilai Pancasila.

Suharyanto mengaku sengaja hadir ke makam proklamator itu sebagai bentuk penghormatan.

Sebagai generasi penerus, perjuangannya harus diteruskan.

"Kami hadir ke makam ini sebagai penghormatan terhadap pengorbanan dan jasa beliau dalam memproklamirkan kemerdekaan RI dan melahirkan Pancasila," kata dia.

Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto beserta rombongan menggelar ziarah ke makam Presiden RI pertama Soekarno, di Blitar, Jawa Timur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News