Usai Tanam Pohon, Siti Pastikan Situ Pladen Beji Direvitalisasi

Usai Tanam Pohon, Siti Pastikan Situ Pladen Beji Direvitalisasi
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar tanam pohon mangga di kawasan danau atau Situ Pladen, Kecamatan Beji, Kota Depok, Minggu (10/2). Warga warga meminta kawasan resapan air tersebut direvitalisasi. Foto: M Fathra/JPNN.com

jpnn.com, DEPOK - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutahanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar hadir di kawasan Situ Pladen, Kecamatan Beji, Kota Depok pada Minggu (10/2). Dia datang untuk berdialog dengan warga yang meminta kawasan resapan air tersebut direvitalisasi.

Kehadiran Menteri Siti tersebut disambut warga dan aktivis Tim Akar Rumput yang memiliki kepedulian terhadap keberadaan Setu Pladen. Pasalnya, danau yang konon memiliki luas 3,5 hektare, kini hanya tersisa 1,5 hektare saja. Bau airnya pun menyengat.

Pantauan JPNN, begitu tiba di Situ Pladen, Siti langsung melakukan penanaman pohon mangga di sekitar danau. Kemudian dia menemui warga yang telah menunggu untuk berdialog.

Usai Tanam Pohon, Siti Pastikan Situ Pladen Beji Direvitalisasi

Tampak seorang petugas membersihkan sampah di tengah Situ Pladen, Depok, Minggu (10/2). Foto: Fathra/JPNN.com

Kepada warga, Siti menyampaikan bahwa persoalan lingkungan menjadi salah satu program priotitas pemerintahan Presiden Joko Widodo. Bahkan pemerintah terus berkomitmen menyelesaikan berbagai persoakan lingkungan yang dikeluhkan masyarakat.

Oleh karena itu, khusus untuk Situ Pladen, mantan sekjen DPD RI itu berjanji segera membahas proses reviltasinyanya. "Mulai minggu depan segera dibahas, ambil langkah teknis supaya Situ ini bisa diselesaikan," ucap Siti.

Berdasarkan laporan yang dia peroleh, Depok dulunya ada sekitar 28-30 Situ. Namun sekarang hanya tersisa 22 saja. Bahkan untuk Situ Pladen sendiri, luasanya sudah menyusut banyak akibat penimbunan.

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar berdialog dengan warga hadir di kawasan Situ Pladen, Kecamatan Beji, Kota Depok, Minggu (10/2) yang meminta kawasan resapan air tersebut direvitalisasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News