Usia 20an Rambut Memutih? Ini Penyebabnya

Usia 20an Rambut Memutih? Ini Penyebabnya
Ilustrasi. Foto: Prevention

jpnn.com - PADA dasarnya, abu-abu atau putih adalah warna dasar rambut kita.

Sel-sel pigmen yang terletak di dasar tiap kantung rambut (folikel) menghasilkan warna dominan alami yang kita miliki sejak lahir.

Bagaimanapun, ketika seseorang semakin berumur dan mencapai usia pertengahan, makin banyak sel pigmen yang mati.

Hal tersebut menyebabkan hilangnya warna rambut yang berpangkal pada kantung rambut yang sama.

Umumnya, rambut beruban mulai muncul pada usia 30-an.

Namun, ada beberapa orang yang mulai banyak beruban pada usia 20-an. Apa penyebab uban di usia muda?

Berikut ini ulasannya, seperti dilansir laman Health:

1. Anda super stres

Para ahli telah memperdebatkan hubungan antara stres dan rambut abu-abu/putih, tetapi beberapa penelitian memang menemukan adanya link antara kedua hal tersebut.

Sebuah studi New York University yang diterbitkan di Nature Medicine pada 2013 lalu, misalnya, menemukan bahwa stres bisa menyebabkan penipisan sel induk dari dasar folikel rambut pada tikus.

2. Anda memiliki kondisi medis

Dalam kasus yang jarang terjadi, beruban prematur mungkin dipicu oleh masalah kesehatan seperti penyakit tiroid atau masalah dengan kelenjar hipofisis.

Penyakit autoimun yang menyerang kulit dan rambut, seperti alopecia atau vitiligo juga bisa menyebabkan rambut Anda berubah warna menjadi abu-abu.

Autoimun berarti sel-sel Anda sendiri yang menyerang tubuh Anda. Jadi jika tubuh Anda menyerang sel-sel rambut Anda, rambut Anda akan berubah menjadi warna abu-abu.

3. Anda kekurangan vitamin

Kemungkinan lain untuk helai perak Anda adalah kekurangan vitamin B12. Ada sejumlah faktor yang menempatkan Anda pada risiko yang lebih besar seperti menjadi vegetarian atau vegan, minum pil KB atau mengalami masalah GI.

Tetapi jika rambut Anda berubah warna menjadi abu-abu secara dini, hal ini biasanya terkait dengan anemia pernisiosa, penurunan sel darah merah yang disebabkan ketika usus tidak bisa menyerap cukup vitamin B12.

4. Anda seorang perokok

Merokok adalah hal terburuk yang bisa Anda lakukan untuk kulit dan rambut. Bahkan, penelitian telah menunjukkan hubungan antara merokok dan timbulnya uban sebelum usia 30 tahun.

Jika Anda melihat perokok, Anda bisa melihat kerutan di kulit mereka.(fny/jpnn)


PADA dasarnya, abu-abu atau putih adalah warna dasar rambut kita. Sel-sel pigmen yang terletak di dasar tiap kantung rambut (folikel) menghasilkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News