Uskup: Katedral Bukan Hanya Gedung Melainkan Iman

Uskup: Katedral Bukan Hanya Gedung Melainkan Iman
Uskup Keuskupan Agung Palembang (KaPal), Mgr. Aloysius Sudarso, SCJ saat acara peletakan batu pertama pembangunan Gereja Katedral Santa Maria Palembang. FOTO: Istimewa for JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Gereja Katedral merupakan induk dari setiap Keuskupan. Sedangkan Katedral Santa Maria merupakan pusat pelayanan untuk gereja-gereja Katolik wilayah Sumsel, Jambi dan Bengkulu.

Hal tersebut diungkapkan Uskup Keuskupan Agung Palembang (KaPal), Mgr. Aloysius Sudarso, SCJ dalam kotbahnya saat Perayaan Ekaristi peletakan batu pertama pembangunan Gereja Katedral St. Maria Palembang, Kamis (16/2) lalu.

“Katedral bukan hanya gedung saja melainkan imannya untuk umat maupun masyarakat. Katedral merupakan Gereja yang peduli bagi yang membutuhkan serta menerima perbedaan di antara masyarakat dan dalam Gereja merupakan simbol Allah yang menyertai umat di dunia,” ungkap Uskup Agung Palembang seperti rilis diterima Minggu (19/2).

Uskup juga mengatakan bahwa walau kecil namun indah, Gereja Katedral banyak mempunyai sejarah dan saat ini bukan bermaksud mengganti yang kecil menjadi yang besar serta dalam rencana pembangunan Gereja yang baru, Ia menginginkan agar Tuhan menyertai baik secara eksternal maupun internal.

“Sudah lama kita mendambakan renovasi Katedral yang lama menjadi yang baru. Duta vatikan pun juga mengatakan bahwa Gereja Katedral ini masih kecil, karena Katedral merupakan inti dari semua gereja sebab di katedral adalah sarana pusat dari semua kegiatan dan pelayanan Gereja di Keuskupan,” katanya.

Ia menambahkan batu pertama ini sebagai simbol iman umat Katolik yang ada di Keuskupan Palembang. Sebab iman merupakan dasar hidup umat Kristiani.

“Ketika kita ingin mendirikan katedral ini harus di atas iman yang teguh, semoga menjadi tanda di atas segalanya. Hendaknya bangunan yang besar ini menjadi rendah hati. Gereja yang dibangun dengan kerendahan hati menjadi batu penjuru bagi umat dan masyarakat untuk pelayanan,” ujar Mgr Aloysius Sudarso.

Sekilas informasi, Gereja Katedral Santa Maria berdiri tanggal 1 Oktober 1941 oleh Mgr. H. M. Mekkelholt, SCJ menjadi prefekturnya. Beliau menjadi Vikaris Apostolik pertama dan diangkat menjadi Uskup Palembang oleh Paus Pius XII.

Gereja Katedral merupakan induk dari setiap Keuskupan. Sedangkan Katedral Santa Maria merupakan pusat pelayanan untuk gereja-gereja Katolik wilayah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News