Ustaz Abdul Somad: Bela Islam Bukan dengan Bom Bunuh Diri

Ustaz Abdul Somad: Bela Islam Bukan dengan Bom Bunuh Diri
Ustaz Abdul Somad (tengah). Foto: Imam Husein/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Aksi peledakan bom yang terjadi di Surabaya mendapatkan kecaman dari Ustaz Abdul Somad. Menurut dia, bukan seperti itu membela Islam. Aksi tersebut malah membuat agama Islam tercoreng karena para pelaku menggunakan simbol-simbol agama.

"Dalam setiap ceramah saya, selalu ditekankan umat Islam harus berjihad untuk membela agamanya. Namun, caranya bukan lewat aksi bom bunuh diri dengan menyasar kaum nasaro (Nasrani)," kata Ustaz Somad, Selasa (15/5) malam.

Membela agama Islam, lanjutnya, dilakukan lewat tugas masing-masing. Pendakwah memberikan ceramah yang menceritakan bagaimana Islam itu agama rahman lil 'alamin. Media, memberitakan hal-hal benar dan bukan hoaks atau provokatif.

Begitu juga dengan aparat keamanan bagaimana bersikap adil dalam menyikapi laporan pengaduan masyarakat. Kemudian para politikus, bagaimana memerjuangkan aspirasi umat di panggung politik.

Kalangan IT, bagaimana menyebarkan informasi menyejukkan di medsos dan bukan menciptakan stigma negatif umat terhadap golongan tertentu.

"Masyarakat bagaimana memilih kepala daerah atau kepala negara yang dinilai bisa memerjuangkan kepentingan umat. Bagaimana juga membangkitkan kekuatan ekonomi umat. Semakin kuat ekonomi umat, akan susah bagi penganut paham radikal untuk memengaruhi umat melakukan tindakan radikalisme dan intoleransi," bebernya. (esy/jpnn)

 


Ustaz Abdul Somad mengecam sejumlah aksi bom bunuh diri yang dilakukan terduga teroris seperti di Surabaya.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News