Ustaz Abdul Somad Pemberani, Ratingnya Naik

Ustaz Abdul Somad Pemberani, Ratingnya Naik
Ustaz Abdul Somad saat menghadiri salah satu kajian di Gedung Sarana Jaya, Jakarta, Kamis (28/12/2017). Foto: Imam Husein/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Muhammadiyah Amin mengatakan, patut disayangkan penolakan yang dilakukan oleh petugas imigrasi Hong Kong terhadap Ustaz Abdul Somad.

Dikatakan, Ustaz Abdul Somad adalah dosen di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

”Harusnya ada pihak dari Kementerian Luar Negeri yang bisa menjelaskan soal penolakan itu. Ini ranah Kemenlu,” ujar Amin kepada Jawa Pos, Kamis (28/12).

Penjelasan itu menurut dia perlu dilakukan agar tidak ada spekulasi-spekulasi yang terus berkembang di tengah masyarakat.

Karena isunya bisa saja melebar ke berbagai ranah. ”Karena dia ditolak itu bukannya meredup tapi justru ratingnya tinggi,” ujarnya.

Dia menilai isi ceramah yang disampaikan Ustaz Abdul Somad sejauh ini tergolong moderat. Tidak ada ceramah yang mengarah pada tindakan radikalisme atau terorisme misalnya.

Tapi, memang penyampaiannya terkesan berani dengan kata-kata yang pedas. Menurut dia itu hal yang wajar dalam menyampaikan nahi munkar.

”Menurut saya dia muballig yang patut diacungkan jempol. Dia pemberani dan yang bersangkutan moderat,” ujar Amin.

Ceramah yang disampaikan Ustaz Abdul Somad tergolong moderat, tidak ada yang mengarah pada ajakan radikalisme atau terorisme.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News