Usul, Soal-soal Ujian Masuk PTN Disisipkan di Unas

Usul, Soal-soal Ujian Masuk PTN Disisipkan di Unas
Ujian Nasional secara online. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Presiden Joko Widodo telah memutuskan ujian nasional (unas) tetap diberlakukan.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, setelah diputuskan unas lanjut maka tinggal urusan perbaikan. Dia menjelaskan ada tiga aspek perbaikan unas yang harus dijalankan.

Pertama adalah aspek teknis. Aspek teknis ini meliputi kerahasiaan dan ketepatan waktu. ’’Ujian kalau tidak rahasia, mau jadi apa,’’ katanya.

Aspek yang kedua adalah upaya memperkecil potensi kecurangan. Bagi Nuh kejujuran dalam mengejarkan unas itu diharuskan. Namun potensi kecurangan tetap ada, sehingga harus diantisipasi.

Nuh juga berharap kualitas soal unas ditingkatkan secara bertahap. Misalnya dengan menambah porsi soal ujian kategori sedang dan sulit.

Jika perlu soal ujian yang sesuai standar pengukuran internasional seperti PISA atau TIMSS juga dimasukkan ke dalam paket soal ujian.

Selain itu soal-soal ujian masuk perguruan tinggi negeri (PTN) juga bisa dimasukkan di unas. Dengan demikian hasil unas bisa jadi pertimbangan seleksi mahasiswa baru.

Perbaikan ketiga menurut Nuh adalah pemanfaatan hasil unas. Dia lebih sepakat bahwa unas tetap jadi bagian dari penentu kelulusan.

JAKARTA – Presiden Joko Widodo telah memutuskan ujian nasional (unas) tetap diberlakukan. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News