Presiden Minta Mendikbud Tindaklanjuti Laporan PISA

Presiden Minta Mendikbud Tindaklanjuti Laporan PISA
Mendikbud Muhadjir Effendy. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengapresiasi naiknya indeks prestasi pendidikan Indonesia.

Sesuai laporan PISA (‎Programme for International Student Assesment) oleh OECD (Organization for Economic Co-operation and Development), skor pendidikan Indonesia di bidang sains, membaca, dan matematika, mengalami peningkatan yang cukup signifikan.‎

Peningkatan indeks pendidikan Indonesia bahkan menduduki rangking keempat dari 74 negara yang disurvei PISA.

Karena itu dia ‎meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menjadikannya sebagai patokan untuk memajukan sistem pendidikan di Indonesia.

"Saya berikan apresiasi karena prestasi pendidikan Indonesia saat ini menunjukkan tren positif," kata Jokowi di Jakarta, Senin (19/12).

Menurut Jokowi, jika tren peningkatan yang signifikan ini berlanjut, maka diperkirakan 2030, pendidikan di Indonesia akan setara dengan negara-negara di OECD.

"Tren positif ini patut diapresiasi dan saya minta Mendikbud menjadikannya sebagai patokan untuk memajukan sistem pendidikan di Tanah Air," ujarnya.

Lanjut Jokowi, kalau diihat di negara-negara lain justru mengalami penurunan skor. Tapi di Indonesia justru skornya naik. (esy/jpnn)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengapresiasi naiknya indeks prestasi pendidikan Indonesia. Sesuai laporan PISA (‎Programme for International


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News