Kamis, 13 Desember 2018 – 15:03 WIB

Usulan Tema Orba di Debat Capres Ingin Jatuhkan Calon Lain?

Jumat, 07 Desember 2018 – 20:34 WIB
Usulan Tema Orba di Debat Capres Ingin Jatuhkan Calon Lain? - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Sekjen PAN Eddy Soeparno menolak usulan topik debat capres dari PSI yang minta dibahas tentang tema orde baru. Pasalnya, tema itu tidak pernah ada sebelumnya di debat capres dalam proses pilpres. 

"Apakah tidak ada topik lain yg bisa dijadikan topik pembahasan debat capres, sampai-sampai pembahasan tentang kejadian orba harus dimasukkan?," ujar Eddy di Jakarta.

Menurut Eddy, jika agenda debat capres memasukkan pembahasan seputar permasalahan di masa orba, maka harus objektif.

Yaitu membahas pencapaian zaman Orba. Misalnya pertumbuhan industri di kisaran 11-12% yang menurutnya, berbeda dengan yang dicapai pemerintah sekarang.

"Kita harus obyektif menentukan agenda debat capres yang forward looking. Memahami strategi/komitmen pemberantasan korupsi oleh capres dan bukan mendebat apa yang dilakukan rezim-rezim sebelumnya," tegas Eddy.

Eddy menduga usulan ini bermaksud untuk menjatuhkan capres tertentu.

"Tetapi justru akan membawa-bawa nama sejumlah tokoh senior di pemerintahan saat ini yang juga merupakan produk Orba,"  tegasnya.

Karena itu, kata Eddy, urusan materi debat capres serahkan saja pada pihak yang berkompeten dan diberikan mandat untuk menyusunnya.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar