Usulkan Universal Studio di Surabaya

Usulkan Universal Studio di Surabaya
Usulkan Universal Studio di Surabaya

jpnn.com - SURABAYA - Kunjungan Duta Besar Amerika Serikat (AS) Robert O Blake Jr ke Balai Kota kemarin (10/2) membawa angin segar untuk Surabaya. Dalam pertemuan sekitar sejam tersebut, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengusulkan agar Universal Studio dibangun di Kota Pahlawan.


Sekitar pukul 09.00, duta besar bersama rombongan telah tiba. Mereka disambut wali kota sekaligus Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana. Tanpa basa-basi, mereka masuk ke ruang kerja wali kota. Mereka mengadakan pertemuan secara tertutup.

Ditemui setelah pertemuan tersebut, Risma -panggilan akrab Tri Rismaharini- menjelaskan bahwa duta besar datang ke Surabaya untuk menjajaki kemungkinan investasi di Surabaya. ''Dia ingin mengetahui investasi seperti apa yang bisa dilakukan,'' tuturnya.

Karena itu, wali kota mengusulkan agar bisa dibangun Universal Studio di Surabaya. Risma mengungkapkan bahwa Kota Pahlawan belum memiliki wisata semacam itu. ''Ini yang saya inginkan,'' terangnya.

Jika Universal Studio dibangun, tentu potensi wisata di Surabaya akan jauh lebih baik. Dia menyebutkan bahwa saat ini wisatawan Surabaya sangat banyak dan akan bertambah bila ada Universal Studio tersebut.

Terkait dengan tanggapan duta besar, Risma menuturkan bahwa Robert Blake berjanji menghubungkan antara pemkot dan investor-investor di Amerika. ''Semoga ini awal yang baik bagi keduanya,'' paparnya.

Untuk lokasi lahan yang siap dibangun Universal Studio, Risma menyatakan banyak lahan yang telah siap di Kota Pahlawan. ''Soal lahannya, kita tidak perlu khawatir. Lahan di Surabaya itu masih banyak,'' ujarnya.

Sementara itu, Duta Besar AS Robert Blake memaparkan bahwa dirinya kali pertama berkunjung sebagai duta besar ke Surabaya. Tujuannya, menjalin hubungan dalam berbagai bidang, serta manajemen pemerintahan, bisnis, pendidikan, dan ekonomi.

Dia menambahkan, pihaknya ingin mengetahui kinerja wali kota untuk melawan korupsi di pemerintahan. Bukan hanya itu, Surabaya juga memperbaiki pelayanan publik melalui e-procurement. ''Ini yang ingin saya tahu,'' katanya saat ditemui di depan ruang kerja wali kota.

Semua prestasi itu, lanjut dia, bisa menjadi contoh untuk berbagai daerah di Indonesia. Dengan begitu, berbagai daerah bisa memiliki kemajuan dalam pelayanan publik. ''Surabaya bisa menjadi salah satu teladan,'' jelas Blake.

Karena itu, duta besar AS bakal mengundang wali kota ke Amerika. Dia menjelaskan bahwa pihaknya akan sangat merasa dihormati jika wali kota bersedia datang ke AS. ''Wali kota bisa memaparkan kinerjanya,'' tandasnya. (idr/yoc/mas/end)


SURABAYA - Kunjungan Duta Besar Amerika Serikat (AS) Robert O Blake Jr ke Balai Kota kemarin (10/2) membawa angin segar untuk Surabaya. Dalam pertemuan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News