Utang Klub Spanyol Rp 43,5 Triliun

Utang Klub Spanyol Rp 43,5 Triliun
Utang Klub Spanyol Rp 43,5 Triliun
MADRID - Klub-klub profesional dunia, termasuk di Spanyol, terus jorjoran untuk membeli pemain baru dengan harga selangit. Sepertinya, jumlah dana yang mereka miliki begitu besar.

Pada kenyataannya, klub-klub itu menanggung utang dalam jumlah besar. Menurut hasil riset dari Universitas Barcelona, total utang klub-klub Spanyol sejak musim 2006/2007 hingga saat ini sudah mencapai 3 miliar euro atau sekitar Rp 43,5 triliun. Di antara jumlah itu, sekitar 1,3 miliar euro digunakan untuk belanja pemain.

Seperti yang dilansir situs Goal, dua tim sekota, Real Madrid dan Atletico Madrid, menjadi tim yang memiliki utang paling banyak. El Real -sebutan Real Madrid- menumpuk utang 527 juta euro (sekitar Rp 7,6 triliun), sedangkan Atletico berutang 430 juta euro (sekitar Rp 6,24 triliun). FC Barcelona menempati posisi ketiga dengan jumlah utang 388 juta euro (sekitar Rp 5,6 triliun). Sedangkan Valencia dililit utang 150 juta euro (setara dengan Rp 2,1 triliun). Beberapa klub yang terlilit utang dan sudah terdegradasi dari Liga Primera, antara lain, Real Zaragoza, Gimnastic de Tarragona, Levante, Celta Vigo, dan Real Sociedad.

''Klub-klub itu saat ini tengah dilanda kekhawatiran dan mengalami kelesuan finansial,'' ujar Jose Maria Gay Liebana, peneliti dari Universitas Barcelona, seperti dilansir Goal. ''Beberapa klub secara teknis sudah bisa dikatakan bangkrut. Artinya, nilai aset yang mereka miliki lebih kecil daripada utang,'' sambungnya.

MADRID - Klub-klub profesional dunia, termasuk di Spanyol, terus jorjoran untuk membeli pemain baru dengan harga selangit. Sepertinya, jumlah dana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News