Utang Valas Swasta Hampir Separo Cadangan Devisa

Utang Valas Swasta Hampir Separo Cadangan Devisa
Utang Valas Swasta Hampir Separo Cadangan Devisa
JAKARTA- Bank Indonesia (BI) berjanji terus mewaspadai besarnya utang luar negeri swasta yang jatuh tempo tahun ini. Kewaspadaan itu terutama menyangkut besarnya potensi rollover (penjadwalan kembali) utang yang tidak bisa dilakukan secara penuh. Tingginya permintaan dolar AS di pasar juga akan menekan nilai tukar rupiah.

 

Deputi Gubernur BI Hartadi A. Sarwono menyebut, meski penarikan  utang masih lebih besar dibandingkan yang dibayar, BI akan tetap waspada. "BI tidak akan ambil risiko. Mungkin dalam proses rollover tidak penuh karena terkait kemampuan," kata Hartadi dalam seminar kemarin (19/3).

 

Menurut Hartadi, utang luar negeri swasta yang jatuh tempo pada 2009 mencapai USD 17,4 miliar. Jika ditambah trade financing USD 5,2 miliar, total berjumlah USD 22,6 miliar. "Itu berdasar laporan mereka ke BI. Ada juga utang-utang jangka pendek yang jatuh tempo pada 2009, tapi belum dilaporkan kepada kita," tuturnya.

 

Kebutuhan valuta asing (valas) atas utang luar negeri sektor korporasi cukup besar. Sebagai pembanding, cadangan devisa RI per 13 Maret lalu sebesar USD 53,9 miliar. Artinya, utang valas swasta jatuh tempo itu hampir separo cadangan devisa.

 

JAKARTA- Bank Indonesia (BI) berjanji terus mewaspadai besarnya utang luar negeri swasta yang jatuh tempo tahun ini. Kewaspadaan itu terutama menyangkut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News