Minggu, 21 April 2019 – 02:05 WIB

UTBK SBMPTN Dinilai Lebih Transparan

Senin, 08 April 2019 – 19:09 WIB
UTBK SBMPTN Dinilai Lebih Transparan - JPNN.COM

jpnn.com, TANGSEL - Pelaksanaan ujian tulis berbasis computer (UTBK) seleksi bersama masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan dimulai pekan depan.

Sesuai jadwal yang dilansir panitia, sesi perdana UTBK digelar 13 April. Ujian ini mendapatkan banyak dukungan sebab dinilai lebih transparan ketimbang tes masuk PTN selama ini.

Di antara dukungan pelaksanaan UTBK tersebut disampaikan Kepala SMA Kharisma Bangsa, Tangerang Selatan Imam Husnan Nugroho.

’’UTBK sendiri ini tahun pertama. Saya pribadi menilai ini langkah perbaikan yang bagus,’’ katanya dalam diskusi yang digelar di komplek SMA Kharisma Bangsa akhir pekan lalu .

Imam mengatakan dengan adanya UTBK tersebut proses SBMPTN berjalan lebih transparan. Dia mengatakan selama ini peserta SBMPTN tidak pernah mengetahui beberapa nilai yang didapatkan. Mereka hanya disuguhkan informasi bahwa dinyatakan lulus atau tidak lulus SBM PTN.

’’Tetapi dengan UTBK ini pelamar mengetahui nilainya berapa,’’ tuturnya. Lantas dengan nilai yang didapatkan tersebut, pelamar bebas memilih kampus mana yang akan dipilih. Bahkan jika nilai UTBK pertama dinilai rendah, pelamar diberikan kesempatan untuk ujian kedua kalinya.

Menurut Imam pelaksanaan UTBK tersebut hampir mirip dengan sistem yang diterapkan kampus-kampus ternama di Amerika Serikat. Salah satunya oleh Harvard University.

Dia mengatakan untuk masuk Harvard, pelamar mengikuti ujian SAT (scholastic aptitude test). Ujian atau tes tersebut diselenggarakan oleh Collage Board.

SHARES
TAGS   UTBK UTBK SBMPTN
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar