Sabtu, 20 Juli 2019 – 16:25 WIB

Uzbekistan v Australia: Anggap Sama Kuat

Selasa, 25 Januari 2011 – 11:59 WIB
Uzbekistan v Australia: Anggap Sama Kuat - JPNN.COM

DOHA - Australia dan Uzbekistan sama-sama mencatat sejarah di Piala Asia 2011. Untuk kali pertama, kedua tim berhasil menembus semifinal. Tapi, hanya salah satu tim yang bisa menembus fase lebih jauh lagi alias lolos ke final Minggu nanti (29/1).

Itu karena Australia dan Uzbekistan harus saling jegal di Khalifa International Stadium malam nanti (siaran langsung RCTI pukul 22.45 WIB). Di atas kertas, Uzbekistan dianggap sebagai underdog. Sesuatu yang wajar mengingat Australia tidak unggul jauh dari rankimg dunia. Socceroos - sebutan Australia - peringkat ke-26, sedangkan Uzbekistan peringkat ke-108.

Belum lagi dari perimbangan materi pemain. Australia dipenuhi banyak pemain yang berlaga di liga Eropa. Dari 23 pemain, 16 di antaranya bertebaran di berbagai klub elite Benua Biru. Bandingkan dengan White Wolves - sebutan Uzbekistan - yang hanya memiliki lima pemain Eropa. Itu pun hanya berlaga di liga minor.

Tidak hanya itu. Uzbekistan sudah pernah dikalahkan dua kali oleh Australia di kualifikasi Piala Dunia 2010. Socceroos menang 2-0 di kandang sendiri dan 1-0 di kandang lawan. Tapi, itu tidak membuat Uzbekistan minder.

"Peluang kedua tim tetap fifty-fifty karena ini laga berbeda," kata defender Uzbekistan Odil Ahmedov sebagaimana dilansir Reuters. "Kami juga dalam motivasi tinggi untuk lolos ke final dan meraih gelar kali pertama," sambungnya.

Lucas Neill, defender sekaligus kapten Australia, berpendapat sama. Kendati Uzbekistan memiliki sedikit pemain yang berlaga di Eropa, tidak demikian halnya dengan permainan.

"Uzbekistan tim bagus dan mengadopsi permainan gaya Eropa. Mereka juga diuntungkan dengan recovery dan tidak perlu memainkan babak tambahan waktu untuk lolos ke semifinal," tutur pemain yang kini merumput di Galatasaray itu kepada AFP.

Di pihak lain, pelatih Australia Holger Osieck mengatakan apabila timnya rileks setelah lolos ke semifinal. Itu karena Socceroos mengalami progres setelah dalam debutnya di Piala Asia 2007, hanya sampai perempat final. "Tidak benar kami terbebani. Kami justru antusias dengan apa yang sudah kami raih," kata pelatih berkebangsaan Jerman itu kepada Associated Press.

Dalam kesempatan itu, Osieck sekaligus menyatakan apabila bintang Australia asal Everton, Tim Cahill, siap tampil melawan Uzbekistan. Cahill yang selama Piala Asia dimainkan sebagai striker itu sempat diragukan karena mengalami masalah engkel saat Australia mengalahkan Iraq 1-0 di perempat final.

"Tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan Tim Cahill. Dia dalam kondisi fit baik fisik maupun psikis," jelasnya.

Pemenang Australia versus Uzbekistan akan menghadapi pemenang Jepang kontra Korea Selatan (Korsel) yang dimainkan di Al Gharafa Stadium. Berbeda dengan Australia dan Uzbekistan, Jepang dan Korsel merupakan tim familier di semifinal Piala Asia karena kedua tim total sudah 12 kali lolos ke empat besar dan menghasilkan lima gelar. (dns/ito/jpnn)

Perkiraan Pemain

Uzbekistan (3-5-2): 12-Nesterov (g); 3-Mulladjanov, 9-Akhmedov, 6-Juraev; 17-Tursunov, 18-Kapadze, 7-Haydarov, 8-Djeparov, 19-Khasanov; 2-Bakaev, 15-Geynrikh
Pelatih: Vadim Abramov

Australia (4-4-2): 1-Schwarzer (g); 8-Wilshire, 2-Neill, 6-Onenovski, 3-Carney; 14-Holman, 15-Jedinak, 16-Valeri, 17-McKay; 10-Kewell, 4-Cahill
Pelatih: Holger Osieck

Bursa Asian Handicap
Uzbekistan v Australia    1/2 : 0
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar