Vaksin Pfizer Bisa untuk Usia 12 Tahun ke Atas

Vaksin Pfizer Bisa untuk Usia 12 Tahun ke Atas
Vaksin COVID-19 bikinan Pfizer. Foto: Reuters

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan vaksin Pfizer bisa digunakan untuk masyarakat berusia di atas 12 tahun.

"Kedatangan vaksin Pfizer ini tentunya dapat digunakan untuk masyarakat berusia 12 tahun ke atas dan kepada pemerintah daerah yang nanti mendapatkan alokasi vaksin Pfizer diminta untuk dapat segera menggunakannya sehingga masyarakat di daerahnya dapat terlindungi dan meningkatkan cakupan program vaksinasi," kata Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Kamis.

Pada hari ini pemerintah Indonesia mendapatkan 1,5 juta dosis vaksin Pfizer.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menerbitkan Emergency Use of Authorization (EUA) untuk vaksin Pfizer pada Juli 2021.

BPOM juga menyebut efikasi vaksin Pfizer pada kelompok usia remaja 12-15 tahun adalah sebesar 100 persen sedangkan untuk usia 16 tahun ke atas efikasinya sebesar 95,5 persen.

"Selain vaksin Pfizer, hari ini pemerintah juga menerima 450 ribu dosis vaksin jadi AstraZeneca melalui skema bilateral," tambah Wiku.

Wiku berharap kedatangan tambahan vaksin tersebut dapat mempercepat program vaksinasi nasional.

"Sehingga semakin banyak masyarakat yang dapat memperoleh vaksin dan terlindungi dari COVID-19 untuk mewujudkan masyarakat yang produktif dan aman COVID-19," ungkap Wiku.

Efikasi vaksin Pfizer pada kelompok usia remaja 12-15 tahun adalah sebesar 100 persen sedangkan untuk usia 16 tahun ke atas efikasinya sebesar 95,5 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News