Vaksinasi Anak Usia 12-17 Tahun Dilaksanakan di Sekolah

Vaksinasi Anak Usia 12-17 Tahun Dilaksanakan di Sekolah
Vaksinasi anak usia 12-17 tahun dilakukan di sekolah. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, BATAM - Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 12-17 tahun di Kota Batam Kepulauan Riau digelar di setiap sekolah demi memudahkan pendataan dan pelaksanaannya.

"Anak-anak datang ke sekolah membawa kartu keluarga. Jadi yang mengadakan itu per sekolah," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi di Batam, Sabtu (2/7).

Pemkot Batam berencana meluncurkan vaksinasi anak 12-17 tahun di enam sekolah pada Minggu (4/7), yaitu SMPN 4, SMPN 25, SMPN 27, SMAN 1, SMAN 3 dan SMAN 5. Setelah itu dilaksanakan bergilir di seluruh sekolah.

Dinkes menyiapkan sekitar 7.000 dosis vaksin Sinovac pada peluncuran vaksinasi remaja.

"Pakai Sinovac. Untuk anak sekolah tidak boleh vaksin selain Sinovac," kata dia.

Pemerintah melibatkan pihak sekolah dan Dinas Pendidikan untuk mengatur pembagian jadwal vaksinasi, agar tidak terjadi penumpukan dan kerumunan.

Tata cara pemberian vaksin remaja sama dengan untuk umum, mulai dari pendataan memasukkan data, kemudian skrining riwayat penyakit, penyuntikan vaksin, hingga observasi.

Didi mengatakan pihaknya tidak menetapkan juru vaksin khusus untuk remaja, melainkan menggunakan tim yang sudah terbentuk sebelumnya untuk imunisasi warga umum.

Inilah jadwal vaksinasi untuk anak usia 12-17 tahun, akan digelar di setiap sekolah demi memudahkan pendataan dan pelaksanaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News