Vaksinasi Lansia Aman, Aksesnya juga Makin Dipermudah

Vaksinasi Lansia Aman, Aksesnya juga Makin Dipermudah
Lansia disuntik vaksinasi COVID-19. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah baik pusat maupun daerah terus mengoptimalkan vaksinasi bagi lanjut usia (lansia), kelompok umur 60 tahun ke atas.

Vaksinasi bagi lansia ini bertujuan untuk meminimalisasi angka kesakitan dan kematian akibat COVID-19, terlebih kelompok lansia yang memiliki risiko tinggi terhadap paparan COVID-19.

Dokter Siti Nadia Tarmizi, M. Epid., Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 dari Kemenkes menuturkan saat ini ada sejumlah kemudahan mengakselerasi dan membantu lansia mendapatkan akses vaksinasi.

“Lansia bisa mendatangi pos-pos pelayanan vaksinasi ataupun sentral vaksinasi tanpa perlu keterangan domisili lagi. Kami mengharapkan, minimum 90% lansia sudah kami berikan vaksinasi dosis pertama di akhir Juni,” ujar dr Siti dalam Dialog Publik bertema Tugas Mulia Urus Lansia yang diselenggarakan KPCPEN, Selasa (6/4).

Akselerasi vaksinasi terhadap lansia memang diperlukan mengingat tingkat partisipasinya yang masih di angka 8,2% secara nasional.

Menurut Prof. Dr. dr. Hindra Irawan Satari, Ketua Komnas KIPI, ada beberapa faktor yang memengaruhi hal tersebut.

“Ada faktor ketakutan dan keraguan,yang selama ini jadi faktor utama bagi para lansia untuk mendatangi tempat-tempat vaksinasi,” ujarnya.

Menurut Prof. Hindra Irawan vaksinasi COVID-19 telah mencakup 145 juta jiwa di seluruh dunia dan tidak berbahaya.

Kemenkes menuturkan saat ini ada sejumlah kemudahan mengakselerasi dan membantu lansia mendapatkan akses vaksinasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News