Van Bommel Banggakan Laskar Pelangi Belanda

Van Bommel Banggakan Laskar Pelangi Belanda
Van Bommel Banggakan Laskar Pelangi Belanda
DI tengah isu rasial yang kini melanda perhelatan Euro 2012, gelandang senior Belanda, Mark van Bommel justru menyanjung skuad multietnis yang tetap diusung tim oranye itu sejak dulu. Menurutnya, adanya perpaduan itu justru menjadi amunisi utama dalam memainkan total footbal khas negeri kincir angin tersebut.

"Rasanya selalu menyenangkan ketika kami bisa bersama," ujar Van Bommel kepada UEFA.Com, Rabu (6/6). "Bagi saya ini rasanya seperti kembali ke rumah. Semua orang membawa budaya dari negara luar masing-masing dalam skuad Belanda. Dan kami telah membawanya bersama-sama dalam sebuah kombinasi Belanda. Kami ingin melakukannya dengan cara Belanda lagi," tambahnya.

Belanda memang dikenal dengan skuad multietnisnya sejak dulu. Skuad campuran yang digawangi Ruud Gulit dan kawan-kawan pernah membawa Belanda keluar sebagai jawara Euro 1988 silam.

Demikian halnya pada Piala Dunia 2010 dan Euro tahun ini, kombinasi itu jelas terasa. Lihat saja Jetro Willem, Marteen Stekelenburg, Khalid Boulahrouz, Nigel de Jong, Ibrahimm Affelay hingga Robin Van Persie. Mereka berasal dari etnis dan akar budaya yang berbeda yang diramu menjadi satu dalam skuad tim Orange.

DI tengah isu rasial yang kini melanda perhelatan Euro 2012, gelandang senior Belanda, Mark van Bommel justru menyanjung skuad multietnis yang tetap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News