Van Gaal tak Ingin Gagal

Van Gaal tak Ingin Gagal
Van Gaal tak Ingin Gagal
LOUIS van Gaal punya dosa besar terhadap publik sepak bola Belanda.  Sepuluh tahun silam, dia gagal meloloskan Oranje-julukan timnas Belanda ke putaran final Piala Dunia 2002.  Van Gaal pun memutuskan mundur dari jabatannya pada 31 Januari 2002 sebagai bentuk pertanggung jawaban.

Tapi, Juli lalu KNVB atau asosiasi sepak bola Belanda kembali menunjuk pelatih yang pernah menangani Ajax Amsterdam, Barcelona dan Bayern Munchen tersebut.  Van Gaal menggantikan posisi Bert van Marwijk yang juga gagal total di Euro 2012 setelah menelan tiga kekalahan di fase grup.  Van Gaal pun siap menebus kegagalan sepuluh tahun silam.  Dia berjanji akan membawa Belanda melaju ke putaran final Piala Dunia 2014.

 

Nah, sebelum menghadapi Turki di laga pertama kualifikasi Piala Dunia 2014 awal September mendatang, Van Gaal dan pasukannya lebih dulu diuji oleh Belgia dini hari nanti di Stadion Roi Baudouin, Brussel

Pelatih 61 tahun ini juga menjanjikan era baru di skuad Belanda.  Di mana, dia memanggil sejumlah pemain debutan seperti Bruno Martins Indi, Ricardo van Rhijn, Nick Viergever, Stefan de Vrij, Adam Maher dan Bas Dost. Pemain debutan itu akan dipadukan dengan penggawa senior seperti bek Everton John Heitinga yang sudah mengantongi 81 caps.

"Saya ingin membawa Belanda ke Piala Dunia, saya belum pernah merasakan atmosfer Piala Dunia," kata Van Gaal di situs resmi UEFA. "Di level klub, saya telah memenangkan hamper semua gelar.  Namun, saya belum menikmati gelar bersama timnas,"ujarnya.

LOUIS van Gaal punya dosa besar terhadap publik sepak bola Belanda.  Sepuluh tahun silam, dia gagal meloloskan Oranje-julukan timnas Belanda

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News