Varian Delta Ditemukan di Luar Jawa, Bang Charles Respons Seperti Ini

Varian Delta Ditemukan di Luar Jawa, Bang Charles Respons Seperti Ini
Varian Delta Covid-19 terdeteksi di sejumlah daerah luar Pulau Jawa dan Bali. Foto/Ilustrasi swab: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris meminta pemerintah mempersiapkan skenario terburuk di dalam menanggulangi pandemi menyusul terdeteksinya varian Delta Covid-19 di sejumlah daerah luar Pulau Jawa dan Bali.

Misalnya, kata legislator Fraksi PDIP itu, pemerintah harus memastikan sarana dan prasarana kesehatan di seluruh provinsi siap untuk menghadapi potensi lonjakan kasus Covid-19.

"Ketersediaan oksigen, obat-obatan, dan tempat tidur di fasilitas kesehatan luar Jawa harus dipersiapkan untuk menghadapi badai tsunami penularan Covid-19 yang berikutnya berpotensi melanda provinsi-provinsi di luar Jawa," kata Charles dalam keterangan persnya, Kamis (15/7).

Dia mengatakan gelombang penularan Covid-19 saat ini sudah membuat sistem kesehatan di Pulau Jawa nyaris lumpuh.

Fasilitas dan tenaga kesehatan sudah kewalahan. Obat-obatan Covid-19 sulit diakses yang disertai stok oksigen langka.

Charles mengatakan kewalahannya Pulau Jawa menangani pandemi menjadi alarm bagi daerah luar wilayah tersebut. Terutama di dalam kaitan menanggulangi pasien terinfeksi varian Delta.

Sebab, kapasitas dan fasilitas kesehatan di luar Pulau Jawa masih belum mumpuni.

"Jika penyebaran varian Delta di sejumlah daerah luar Jawa tidak diantisipasi dengan baik, lonjakan kasus akan membuat sistem kesehatan di wilayah tersebut menjadi lumpuh," tutur legislator kelahiran Jakarta itu. (ast/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Ketersediaan oksigen, obat-obatan, dan tempat tidur di fasilitas kesehatan luar Jawa harus dipersiapkan untuk menghadapi badai tsunami penularan Covid-19 yang berikutnya berpotensi melanda provinsi-provinsi di luar Jawa.


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News