Versi CIDE, Laksamana Yudo Sudah Dekati Megawati Demi Posisi Panglima TNI

Versi CIDE, Laksamana Yudo Sudah Dekati Megawati Demi Posisi Panglima TNI
Saat Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri menerima cendera mata dari Kasal Laksamana Yudo Margono. Foto: Tim Dokumentasi Megawati

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Center for Intermestic and Diplomatic Engagement (CIDE) Anton Aliabbas menilai KSAL Laksamana Yudo Margono sejatinya sudah menunjukkan kesan yang baik demi menempati posisi Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa.

Misalnya, menurut dosen Universitas Paramadina itu, Yudo menunjukkan kesan baik dengan mengundang Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di berbagai acara TNI AL.

"Kesan bahwa ada upaya pendekatan yang dilakukan kepada Megawati memang tidak bisa dihindarkan," ucap Anton melalui layanan pesan, Rabu (7/9).

Dia mengatakan Megawati adalah elite parpol pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan memegang posisi penting dalam politik nasional.

"Presiden Joko Widodo juga merupakan bagian dari PDI Perjuangan dan kerap melakukan pertemuan dengan Megawati," ujar peraih doktoral di bidang pertahanan dari Cranfield University, Inggris itu.

Anton menjelaskan kesan mendekati elite parpol seperti Megawati menjadi penting dilakukan Yudo, karena Jokowi mengedepankan faktor kepercayaan dalam menunjuk Panglima TNI.

Dia mengatakan Laksamana Yudo Margono dalam satu atau dua bulan ke depan atau sebelum Andika selesai kedinasan, harus mampu membangun impresi tersebut kepada Jokowi.

"Mau tidak mau, dalam 1-2 bulan ini, Laksamana Yudo Margono harus makin beri impresi tersebut ke Jokowi," ujar dia.

Anton Aliabbas menilai KSAL Laksamana Yudo Margono sudah menunjukkan kesan yang baik demi menempati posisi Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News