Vertigo Film Terbaik Sepanjang Masa

Vertigo Film Terbaik Sepanjang Masa
Vertigo Film Terbaik Sepanjang Masa
HOLLYWOOD - Film Vertigo karya Alfred Hitchcock mengalahkan film Citizen Kane karya Orson Welles sebagai film terbaik sepanjang masa. Diperankan oleh James Stewart dan Kim Novak, Vertigo mengalahkan Citizen Kane dengan 34 suara.

Menurut jajak pendapat majalah Sight and Sound Institut Film Inggris (BFI) dengan responden para pakar mereka sekali setiap 10 tahun dan Citizen Kane selama 50 tahun terakhir selalu menjadi pilihan utama mereka. Kali ini, 846 distributor, kritikus, akademisi dan penulis memilih film Hitchcock (produksi 1958), yang bercerita tentang seorang pensiunan polisi yang takut akan ketinggian.

Dalam jajak pendapat terakhir 10 tahun lalu, film itu hanya terpaut lima suara di bawah Kane. Film yang diawali dengan petugas polisi Scotty Ferguson (Stewart) pensiun dari pekerjaannya setelah vertigonya menyebabkan kematian rekannya saat mereka melakukan pengejaran di atap sebuah gedung.

Ia kemudian disewa oleh seorang teman lama, yang memiliki istri bernama Madeleine (Novak), karena Madeleine menunjukkan perilaku aneh. Di sepanjang film dengan latar belakang langit San Fransisco itu, ada puluhan kejutan yang menantang pemahaman penonton akan karakter-karakter serta peristiwa-peristiwa yang ditampilkan.

HOLLYWOOD - Film Vertigo karya Alfred Hitchcock mengalahkan film Citizen Kane karya Orson Welles sebagai film terbaik sepanjang masa. Diperankan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News