Victoria Targetkan Nol Kematian Akibat Kecelakaan Di Jalan

Victoria Targetkan Nol Kematian Akibat Kecelakaan Di Jalan
Victoria Targetkan Nol Kematian Akibat Kecelakaan Di Jalan

Sepanjang tahun 2018 lalu, negara bagian Victoria telah mencatat jumlah korban kecelakaan di jalan tahunan terendah sejak pencatatan dimulai dengan 214 kematian.

Kini Komisi Kecelakaan Transportasi (TAC) negara bagian Victoria sedang berupaya berusaha mencapai target nol kematian akibat kecelakaan di jalan, tetapi apakah itu tujuan yang realistis?

Pakar perubahan perilaku Peter Bragge dari Monash University mengatakan itu akan menjadi "tantangan besar" tetapi mungkin terjadi.

"Bahasa 'korban tewas' menunjukkan bahwa ada harga yang harus kami bayar," katanya kepada ABC.

"Apa yang telah kami putuskan di Victoria dan di seluruh negara bagian, dan bahkan di seluruh dunia, adalah bahwa sebenarnya nol adalah angka yang harus kami tuju.

"Jika kita percaya bahwa itu mungkin, dan sekarang ada bukti yang muncul di Australia dan di seluruh dunia bahwa itu memang mungkin, maka itu dapat membantu kita melipatgandakan upaya kita untuk mengubah perilaku kita."

Victoria Targetkan Nol Kematian Akibat Kecelakaan Di Jalan Photo: Pengguna jalan lebih cenderung tewas di ruas jalan regional. (ABC News: Giulio Saggin)

Strategi berpengaruh

Direktur keselamatan jalan dari TAC Samantha Cockfield mengatakan rekor jalan tol yang rendah menunjukkan bahwa intervensi yang dilakukan polisi, pemerintah negara bagian dan masyarakat berhasil.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News