Video Warga Australia Menolak Pakai Masker Jadi Viral di Media Sosial

Video Warga Australia Menolak Pakai Masker Jadi Viral di Media Sosial
Video orang Australia menolak memakai masker dan melanggar aturan yang ada viral di media sosial. ((Supplied: @Sexenheimer))

Meningkatnya angka penularan virus corona di Australia mendorong pemerintahnya untuk memperketat aturan, namun tidak semua orang menaatinya.

Sebuah video yang viral akhir pekan lalu menunjukkan seorang perempuan menolak untuk mengenakan masker dan berargumen dengan karyawan dan polisi di toko perabot rumah tangga, bernama Bunnings.

Video asli yang dibagikan di Twitter kini sudah diputar lebih dari satu juta kali dan menggambarkan satu dari sekian pertengkaran antara warga Australia dengan pihak berwajib karena aturan terkait COVID-19.

Orang dalam video tersebut sering mengutip teori konspirasi atau argumen berbau hukum semu dan menekankan peraturan terkait virus corona telah melanggar hak asasi manusia dan berbahaya.

Tindakan seperti ini dikenal sebagai "sovereign citizen movement" atau gerakan masyarakat di negara berdaulat, di mana warga mengeinterpretasikan sebuah kebijakan sesuai pengertian sendiri.

Melihat video ini, Premier Daniel Andrews, Menteri Utama negara bagian Victoria, Australia, angkat bicara.

"Jika Anda hanya mengambil keputusan egois untuk kebebasan pribadi, menggunakan pernyataan yang Anda temukan di sebuah situs, ini bukanlah soal hak asasi manusia," katanya.

Seberapa luas perilaku anti masker?

Pemerintah Australia telah menganjurkan warga untuk menggunakan masker di daerah di mana terdapat penularan antar warga dan tidak memungkinkan untuk menjaga jarak antara individu, yang saat ini meliputi beberapa daerah di Victoria dan New South Wales.
Beberapa pengecualian diberikan, misalnya bagi mereka yang memiliki kondisi kesehatan tertentu atau karena alasan terkait profesi.

Meningkatnya angka penularan virus corona di Australia mendorong pemerintahnya untuk memperketat aturan, namun tidak semua orang menaatinya

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News