Vietnam Tutup Pintu Masuk Jelang Perayaan Imlek

Vietnam Tutup Pintu Masuk Jelang Perayaan Imlek
Petugas di Vietnam berjaga-jaga di Distrik Le Minh di Hanoi, Vietnam di masa social distancing akibat pandemi virus corona. Foto: VNA/VNS Photo Danh Lam

jpnn.com, HANOI - Vietnam membatasi penerbangan internasional yang membawa pulang warga negaranya dari luar negeri, mulai saat ini hingga akhir masa Tahun Baru Imlek di pertengahan Februari mendatang.

Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc menyebut bahwa kebijakan itu dibuat untuk mengurangi risiko COVID-19, mengingat periode Imlek menjadi momentum penting di Vietnam ketika masyarakat biasanya berkumpul dengan banyak orang dalam ruangan.

Juga seiring dengan virus COVID-19 varian baru yang tengah menyebar di seluruh dunia, hanya penerbangan penting yang telah mendapat izin dari kementerian kesehatan, luar negeri, pertahanan, keamanan publik, dan transportasi yang boleh masuk Vietnam, kata Phuc.

Usai masa Imlek, kata Phuc menambahkan, kementerian transportasi akan mengkaji kemungkinan pembukaan kembali penerbangan internasional.

Vietnam telah menangguhkan semua penerbangan internasional komersial yang masuk ke negaranya sejak akhir Maret 2020, namun pemerintah menjalankan penerbangan repatriasi untuk membawa pulang warga negara Vietnam yang terjebak di negara lain selama pandemi.

Beberapa penerbangan khusus yang membawa para pakar dan investor asing juga diizinkan masuk, dan semua penumpang wajib menjalankan karantina 14 hari.

Selasa (5/1) pekan ini, Vietnam menutup pintunya bagi pesawat yang berasal dari negara-negara dengan kasus varian baru COVID-19, mulanya Inggris dan Afrika Selatan.

Berkat aturan ketat dalam hal karantina dan penelusuran kontak, Vietnam berhasil menangani wabah COVID-19 di negaranya.

Vietnam membatasi penerbangan internasional yang membawa pulang warga negaranya dari luar negeri, mulai saat ini hingga akhir masa Tahun Baru Imlek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News