Viral Sambaran Petir di Puncak Gunung Merapi, Begini Penjelasan BPPTKG

Viral Sambaran Petir di Puncak Gunung Merapi, Begini Penjelasan BPPTKG
Viral sebuah video yang memperlihatkan fenomena kilatan petir yang menyambar puncak Gunung Merapi. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Viral sebuah video yang memperlihatkan fenomena kilatan petir yang menyambar puncak Gunung Merapi.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menjelaskan peristiwa yang terekam pada stasiun seismik dan CCTV Gunung Merapi pada pukul 16.34 WIB, 11 Oktober 2022.

"Fenomena petir itu tidak berdampak pada stasiun pemantauan dan tidak berkaitan dengan aktivitas vulkanik Gunung Merapi," demikian keterangan resmi BPPTKG yang dikutip di Jakarta, Rabu.

BPPTKG menjelaskan petir merupakan salah satu fenomena yang terjadi akibat cuaca ekstrem yang terjadi di wilayah Indonesia.

Masyarakat diimbau untuk meningkatkan kesiapsiagaan terhadap bencana hidrometeorologi serta senantiasa mengikuti informasi cuaca BMKG dan aktivitas Gunung Merapi dari sumber terpercaya.

Di sisi lain, Gunung Merapi merupakan gunung api aktif yang terletak di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Gunung itu menyandang status level III atau siaga terhitung sejak 5 November 2020.

Status level III menandakan potensi bila terjadi erupsi sudah mendekati tempat hunian masyarakat yang paling dekat dengan gunung tersebut.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau masyarakat yang bermukim di lereng Gunung Merapi untuk mematuhi peta kawasan rawan bencana atau KRB mengingat saat ini sudah memasuki musim hujan.

Viral sebuah video yang memperlihatkan fenomena kilatan petir yang menyambar puncak Gunung Merapi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News