Virus Corona Bisa Menyebar Lewat Uang?

Virus Corona Bisa Menyebar Lewat Uang?
Seorang pekerja menggunakan jas hujan plastik dengan masker wajah dan kacamata pelindung saat menyortir uang kertas yuan Tiongkok di sebuah bank, di tengah merebaknya wabah virus corona. Foto: ANTARA/cnsphoto via REUTERS

jpnn.com, JAKARTA - Wabah corona baru atau Covid-19 kian memunculkan kekhawatiran mengenai kemungkinan transmisi virus, salah satunya melalui uang yang beredar luas.

Lantas, benarkah uang bisa menyebarkan Covid-19?

"Tidak benar," ujar konsultan paru sub infeksi RSUP Persahabatan dr Erlina Burhan dilansir Antara, Selasa (10/3).

Covid-19 diketahui bisa menyebar melalui droplet atau tetesan air ludah dari bersin atau batuk orang yang terinfeksi ke orang di sekitarnya.

"Saat kekebalan tubuh menurun, virus akan menyerang tubuh orang yang terinfeksi," katanya.

Sebelumnya, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan orang-orang segera mencuci tangan menggunakan air dan sabun usai memegang uang, demi mencegah infeksi virus corona baru.

Menurut WHO, ada kemungkinan risiko infeksi mematikan dapat ditransmisikan selama transfer uang, karena uang yang sering berpindah-pindah tangan dan bisa mengandung bakteri serta virus.

Kekhawatiran penggunaan uang tunai membuat pihak museum Louvre di Paris hanya bertransaksi menggunakan kartu kredit, sebagai upaya untuk melindungi staf dari pengunjung yang mungkin terinfeksi.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan orang-orang segera mencuci tangan menggunakan air dan sabun usai memegang uang, demi mencegah infeksi virus corona baru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News