Virus Corona Diprediksi Memukul Kinerja Produksi Ponsel Dunia ke Titik Terendah

Virus Corona Diprediksi Memukul Kinerja Produksi Ponsel Dunia ke Titik Terendah
Ilustrasi ponsel. Foto: Ist

jpnn.com - Wabah virus corona diprediksi memukul kinerja produksi ponsel pintar global pada kuartal pertama tahun ini. Bahkan hingga titik terendah dalam 5 tahun terakhir.

Lembaga riset pasar TrendForce memperkirakan produksi ponsel pintar global, pada kuartal pertama akan turun 12 persen menjadi 275 juta unit, setelah wabah virus corona menewaskan lebih dari 900 orang di Tiongkok.

“Tertundanya pengoperasian kembali pabrik dan ketidakpastian jumlah karyawan yang kembali bekerja akan menyebabkan pengiriman komponen kunci tertunda, sehingga memengaruhi produksi ponsel pintar,” kata TrendForce, dilansir Yonhap, Senin (10/2).

Di antara enam vendor ponsel teratas, Samsung, yang berada di posisi pertama, diperkirakan memproduksi 71,5 juta ponsel pintar pada kuartal pertama, turun 3 persen dari perkiraan awal.

Namun, Samsung diproyeksikan merasakan lebih sedikit dampak dari wabah virus corona berbanding produsen lain, karena basis produksi utama perusahaan teknologi asal Korea Selatan itu berada di Vietnam.

TrendForce menambahkan Samsung hanya memiliki 2 persen dari pasar domestik di China.

Sementara itu, Huawei, produsen ponsel nomor 2 di dunia, diperkirakan memproduksi 42,5 juta unit pada kuartal pertama, turun 15 persen dari perkiraan TrendForce sebelumnya.

Demikian pula dengan Apple, produksi perusahaan yang berbasis di Cupertino, AS, itu diproyeksikan turun dari 45,5 juta menjadi 41 juta unit selama periode yang sama.

Wabah virus corona diprediksi memukul kinerja produksi ponsel pintar global pada kuartal pertama tahun ini. Bahkan hingga titik terendah dalam 5 tahun terakhir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News