Virus 'Gauss' Serang Komputer Bank-bank di Lebanon

Diduga Disponsori Negara Lain

Virus 'Gauss' Serang Komputer Bank-bank di Lebanon
Virus 'Gauss' Serang Komputer Bank-bank di Lebanon
MOSCOW - Sebuah perusahaan security komputer menyatakan telah menemukan virus komputer varian baru untuk menyerang data dan akses masuk di bank-bank Lebanon. Virus baru tersebut diduga kuat disponsori oleh negara lain.

Menurut Kaspersky Lab, 'Gauss' ditulis programmer yang sama yang menciptakan virus Flame. Sebuah virus yang ditemukan untuk memata-matai komputer di Iran pada Mei tahun ini, serta terkait  dengan Stuxnet, yaitu virus yang mengganggu pekerjaan pengayaan uranium di Iran pada 2010.

Virus Gauss telah menginfeksi pada 2.500 komputer, sebagian besar di Lebanon. Tujuannya untuk memperoleh login account pesan e-mail dan instant, jaringan sosial dan terutama rekening di bank tertentu. Fungsi tersebut biasanya ditemukan di program berbahaya yang digunakan oleh penjahat cyber mencari uang.

Para peneliti mengatakan bank yang menjadi sasaran termasuk beberapa Libanon terbesar Lebanon seperti Bank of Beirut, Blom Bank, Byblos Bank dan Kredit Libanais, Citibank dan sistem pembayaran online PayPal.

MOSCOW - Sebuah perusahaan security komputer menyatakan telah menemukan virus komputer varian baru untuk menyerang data dan akses masuk di bank-bank

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News