Visa Baru untuk Sektor Pertanian di Australia Akan Dimulai Bulan Depan, Gerbang untuk Status Penduduk Tetap

Visa Baru untuk Sektor Pertanian di Australia Akan Dimulai Bulan Depan, Gerbang untuk Status Penduduk Tetap
Australia sudah lama menggantungkan diri pada pekerja musiman yang datang berlibur dan bekerja dalam membantu panenan di ladang pertanian. (ABC Rural: Jennifer Nichols)

Sebuah visa baru di Australia yang bisa memberi jalan untuk mendapatkan status penduduk tetap akan mulai diberlakukan awal Oktober, namun masih belum jelas kapan para pekerja pengguna visa tersebut bisa tiba dan mulai bekerja.

Terlepas dari pernyataan pemerintah sebelumnya bahwa visa tersebut akan ditawarkan ke negara-negara Asia Tenggara, masih belum jelas negara mana yang akhirnya tercatat dalam skema visa ini atau berapa banyak pekerja yang menarik untuk mendaftar.

Usulan tentang visa ini sebelumnya sudah ditolak oleh beberapa anggota parlemen dari Partai Liberal namun akhirnya diterima, dan dianggap sebagai sebuah kemenangan oleh Partai Nasional.

Saat ini pemerintahan Australia di bawah pimpinan Perdana Menteri Scott Morrison berisi koalisi antara Partai Liberal, termasuk PM Morrison, dan Partai Nasional yang mendapat jatah Wakil Perdana Menteri yang dijabat Barnaby Joyce.

Sebuah pernyataan bersama yang ditandatangani oleh Wakil PM Barnaby Joyce, Menteri Pertanian David Littleproud, Menteri Luar Negeri Marise Payne, dan Menteri Imigrasi Alex Hawke, menyebut bahwa visa itu akan tersedia bagi pekerja di bidang pertanian, perikanan, kehutanan, dan proses pengolahan daging serta bisa membuka jalan bagi kemungkinan mendapatkan status penduduk tetap atau tinggal di kawasan regional di Australia.

"Visa pertanian Australia akan dibuka bagi pelamar dari sejumlah negara yang telah melakukan negosiasi dalam perundingan bilateral," kata pernyataan tersebut.

"Kondisi dan persyaratan lengkap terkait visa ini akan dikembangkan dan diterapkan dalam tiga tahun ke depan di saat visa ini mulai diberlakukan."

"Aturan yang memungkinkan pembentukan visa pertanian Australia ini akan rampung pada akhir September 2021.

Sebuah visa baru di Australia yang bisa memberi jalan untuk mendapatkan status penduduk tetap akan mulai diberlakukan awal Oktober, namun masih belum jelas kapan para pekerja pengguna visa tersebut bisa tiba dan mulai bekerja

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News