Vital dalam Mengatur Keuangan Keluarga, Perempuan Perlu Perhatikan Poin Ini

Vital dalam Mengatur Keuangan Keluarga, Perempuan Perlu Perhatikan Poin Ini
Berperan Penting dalam Mengatur Keuangan Keluarga, Perempuan Perlu Perhatikan Poin Ini. Foto: Romaida/JPNN.com

jpnn.com - Perempuan dianggap memiliki peran penting dalam keluarga, termasuk dalam mengatur keputusan terkait keuangan.

Plt. Kepala Grup Komunikasi Publik Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sekar Putih Djarot mengungkapkan perempuan cenderung menabung dengan mengedepankan keperluan keluarga.

Adapun di antaranya seperti kebutuhan dasar, dana darurat, hingga biaya pendidikan anak.

Menyusul hal tersebut, Sekar menilai perempuan perlu memikirkan produk investasi yang tepat guna mendukung rencana finansial keluarga.

"Perempuan yang baru mulai berinvestasi biasanya akan memilih instrumen reksadana," kata Sekar saat sesi literasi bertajuk "Building Inclusive Economies" di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Head of Deposit & Wealth Management UOB Indonesia, Vera Margaret yang turut menjadi pembicara dalam acara tersebut menambahkan, tren investasi yang digandrungi perempuan biasanya memiliki jangka pendek dan pendapatan tetap.

Adapun contoh investasi yang biasanya diminati perempuan, seperti obligasi ritel, sukuk tabungan, sukuk ritel, dan saving bond ritel (SBR).

Menurutnya, perempuan cenderung memilih produk jangka pendek dan berisiko rendah, yang hasilnya dapat digunakan kembali.

Berperan penting dalam mengatur keuangan keluarga, perempuan perlu memperhatikan beberapa poin ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News