Wabah Flu Burung Landa Vietnam

Wabah Flu Burung Landa Vietnam
peternakan ayam potong sebaga salaah satu sumber protein hewani. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, HANOI - Provinsi Thanh Hoa di Vietnam telah memusnahkan lebih dari 23.000 unggas, sebagian besar bebek dan ayam, di dua distrik yang dilanda wabah flu burung A/H5N6, Selasa (11/2).

Per hari ini, wabah flu burung A/H5N6 telah terdeteksi di 10 rumah tangga di tiga komunitas di Distrik Nong Cong dan Quang Xuong, dua distrik pertama di Provinsi Thanh Hoa yang dilanda wabah tersebut.

Wabah itu terjadi di sembilan rumah tangga di Distrik Nong Cong sejak 3 Februari tahun ini dengan sekitar 19.800 unggas dimusnahkan. Sementara itu, di Distrik Quang Xuong, wabah flu burung kali pertama melanda sebuah rumah tangga sejak 4 Februari dengan lebih dari 3.300 unggas dimusnahkan.

Sejumlah lembaga setempat yang terkait telah mendisinfeksi daerah sekitar dan mengintensifkan vaksinasi pada berbagai unggas di distrik tersebut.

Menurut Kementerian Pertanian dan Pembangunan Pedesaan Vietnam, pada 2019, wabah flu burung terdeteksi di 41 distrik dari 24 provinsi dan kota di seluruh Vietnam dengan total lebih dari 133.000 unggas dimusnahkan. (Xinhua/ant/dil/jpnn)

Saat pemerintah Vietnam tengah kerepotan menghadapi wabah virus corona, wabah yang tak kalah berbahaya juga menyerang. Sejak awal Februari, kasus flu burung ditemukan di sejumlah lokasi di Vietnam.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Xinhua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News