Wabah Virus Corona, Tiongkok Yakin Bisa Kontrol Situasi

Wabah Virus Corona, Tiongkok Yakin Bisa Kontrol Situasi
Anak-anak memakai masker untuk mencegah penularan virus corona baru di Stasiun Kereta Cepat Hong Kong West Kowloon di Hong Kong, China, Kamis (23/1/2020). Foto: REUTERS/Tyrone Siu/wsj/cfo

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Syarief Hasan dan Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok (RRT) untuk Indonesia Xiao Qian, membahas virus corona yang tengah heboh di dunia, dalam pertemuan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (24/1).

Syarief menuturkan bahwa Xiao menjelaskan wabah virus corona terjadi di Wuhan, Ibu Kota Provinsi Hubei Tiongkok.

"Kemudian isu isu tentang virus Corona tadi disampaikan bahwa itu hanya terjadi di Wuhan dan itu agak jauh," ujar Syarief kepada wartawan usai pertemuan.

Wakil ketua umum Partai Demokrat itu menambahkan sekarang tidak ada yang boleh keluar dan masuk daerah tersebut.

"Sekarang sudah dilokasir tempatnya, tidak boleh masuk dan tidak boleh keluar," paparnya.

Syarif menjelaskan berdasar penuturan Xiao, daerah-daerah lain selain Wuhan aman dari virus corona. Dia mengatakanx RRT juga sudah punya pengalaman mengatasi persoalan seperti itu.

"Mereka sudah pengalaman menangani kasus-kasus yang seperti ini. Jadi, tidak ada kekhawatiran menyangkut masalah itu tetapi betul-betul tetap dikontrol," ungkapnya.

Xiao Qian menyatakan bahwa pihaknya masih dapat mengontrol warga di sana. Menurut dia, warga tidak meninggalkan Wuhan. Orang dari daerah lain juga tidak pergi ke Wuhan.

Wabah virus corona yang menjadi penyebab penyakit Pneumonia terjadi di Wuhan Tiongkok.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News