Simak! Ini Ciri-Ciri Umum Penyakit Pneumonia yang Disebabkan Virus Corona

Simak! Ini Ciri-Ciri Umum Penyakit Pneumonia yang Disebabkan Virus Corona
Ilustrasi penyakit Pneumonia. Foto: Pixabay

jpnn.com, SURABAYA - Pneumonia diduga disebabkan oleh virus corona merebak di sejumlah negara, khususnya Tiongkok.

Kekhawatiran akan terjangkitnya penyakit tersebut, membuat setiap negara waspada. Pasalnya, penyakit tersebut mudah menular dan mematikan.

Lembaga Penyakit Tropik Universitas Airlangga menyatakan pneumonia diduga disebarkan oleh virus corona di mana hewan menjadi inangnya atau zoonosis. Kondisi tersebut menjadi mematikan, jika hewan sebagai inang menjangkiti manusia.

"Semakin parah ketika ditemukan infeksi dari hewan ke manusia berubah menjadi dari manusia ke manusia. Sehingga diperlukan kewaspadaan agar persebarannya tidak semakin tinggi," tutur Prof. Dr. Maria Lusia Inge Lucida, Sp.MK, Ketua Lembaga Penyakit Tropik Unair.

Unknown viral pneumonia pertama kali ditemukan di Wuhan China, dan telah menyebar ke sejumlah negara. Saat ini sudah ada 450 orang sakit dan 17 di antaranya dinyatakan meninggal dunia.

Tak hanya persebarannya yang cepat, ciri-ciri penyakit tersebut juga sulit dideteksi lantaran memiliki kesamaan dengan penyakit influenza pada umumnya. Seperti demam tinggi, batuk, disertai gangguan pernapasan.

Tidak ada obat antivirus yang bisa meredam percepatan penularan penyakit ini.

“Sehingga perawatan yang terpenting adalah untuk meningkatkan imunitas tubuh agar virus corona tak sampai menyebar ke seluruh tubuh,” ujar Dokter Maria.

Pneumonia diduga disebarkan oleh virus corona di mana hewan menjadi inangnya atau zoonosis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News