Wacana Pembubaran Fraksi DPR Dianggap Iseng

Wacana Pembubaran Fraksi DPR Dianggap Iseng
Wacana Pembubaran Fraksi DPR Dianggap Iseng
JAKARTA - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Taufiq Kiemas mengatakan bahwa gagasan pembubaran fraksi-fraksi di parlemen sebagai wacana iseng yang ingin meramaikan kondisi panggung politik Indonesia.

"Upaya sensasi dan iseng belaka. Itu mengada-ada saja supaya negara ramai. Padahal tidak perlu. Mereka yang mau bubarkan fraksi itu kan mengerti juga masalah ini, tapi mau bikin ramai saja," kata Taufiq Kiemas, menjawab pertanyaan wartawan tentang wacana bubarkan fraksi-fraksi,  di gedung Nusantara III, kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (24/7).

Fraksi-fraksi di DPR lanjut politisi PDI-Perjuangan itu  adalah alat kelengkapan demokrasi partai politik di parlemen. Bahkan di negara-negara Barat sekalipun yang menganut sistem koalisi versus oposisi, fungsi fraksi tetap dijalankan.  "Di sana dua kelompok, koalisi dan oposisi. Tapi ternyata suka berpindah-pindah juga. Mereka bisa pindah ke tempat fraksi lain," ungkap Taufiq Kiemas.

Menyikapi gugatan Gerakan Nasional Tindak Pidana Korupsi (GNPK) ke Mahkamah Konstitusi (MK) tentang pembubaran fraksi di parlemen Indonesia? Taufiq yakin MK tak akan mengabulkan gugatan GNPK.

JAKARTA - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Taufiq Kiemas mengatakan bahwa gagasan pembubaran fraksi-fraksi di parlemen sebagai wacana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News