Waduh! Akun WhatsApp Milik Puluhan Jurnalis Palestina Diblokir

Waduh! Akun WhatsApp Milik Puluhan Jurnalis Palestina Diblokir
Ilustrasi logo WhatsApp. Foto: Antara

jpnn.com - Akun WhatsApp milik puluhan jurnalis Palestina disebut telah diblokir oleh pemilik aplikasi perpesanan instan itu.

Menurut para jurnalis, WhatsApp melakukan itu pascapertempuran antara Israel dengan Hamas.

Tak lama setelah gencatan senjata pada pukul 02:00 pada Jumat (21/5) atau Kamis (20/5) pukul 23.00 waktu GMT, dua jurnalis di biro AFP Kota Gaza menerima pemberitahuan dari WhatsApp bahwa akun mereka diblokir.

Jurnalis lain di Yerusalem dan Tepi Barat seperti dikutip dari France 24 mengatakan hal serupa. Mereka mengatakan, akun WhatsApp telah diblokir.

Seorang kru dari saluran berita yang berbasis di Qatar, Al Jazeera, mengatakan akun mereka kemudian telah dipulihkan setelah mereka mengajukan keluhan kepada pemilik WhatsApp, Facebook.

Wakil presiden Sindikat Jurnalis Palestina, Tahseen al-Astall, mengatakan pemblokiran akun dialami sekitar 100 wartawan di Gaza.

Sementara itu, Pusat Pengembangan Media Sosial Arab mengatakan pemblokiran akun WhatsApp bukanlah insiden yang terisolasi.

Dalam sebuah laporan baru, kelompok yang berbasis di kota ketiga Israel, Haifa, mendokumentasikan 500 kasus terkait hak digital Palestina yang telah dilanggar pada 6 Mei dan 19 Mei 2021.

Akun WhatsApp milik puluhan jurnalis Palestina disebut telah diblokir oleh pemilik aplikasi perpesanan instan itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News