Wagub Sumut Ajak Sektor Swasta Capai Tujuan Pembangunan

Wagub Sumut Ajak Sektor Swasta Capai Tujuan Pembangunan
Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah. Foto IST

jpnn.com, SUMATERA UTARA - Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah membuka acara Seminar Nasional Membangun Kemitraan yang Berkelanjutan untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) pada Rabu, (17/10).

Musa mengajak pihak swasta untuk berkolaborasi dengan pemerintah untuk mewujudkan pembangunan berkesinambungan.

Saat ini, Pemprov Sumut sedang berupaya untuk menyusun dan merencanakan program-program yang berkelanjutan dan untuk jangka panjang. 

"SDGs atau yang juga dikenal dengan pembangunan berkelanjutan sudah terkandung dan diatur oleh pemerintah dalam rencana pembangunan, dikoordinir oleh Bappenas dan didelegasikan pada tiap-tiap Bappeda. Tapi isu-isu ini belum familiar di tengah masyarakat, di sini lah peran untuk disosialisasikan," tegas Musa. 

Sesuai dengan tema yang diangkat dalam seminar ini, Wakil Gubernur Sumatera Selatan ini juga menambahkan bahwa membangun kemitraan untuk mencapai tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan tidak dapat tercapai jika hanya datang dari pemerintah dan swasta, tetapi juga masyarakat, khususnya yang akan merasakan dampak langsung dari hasil pembangunan berkelanjutan. Maka dari ini sangatlah penting agar masyarakat disadarkan akan isu ini.

Pada kesempatan ini Musa juga mengajak perusahaan-perusahaan swasta agar terus membangun CSR mereka. Menurutnya, CSR di Sumatera Uara sudah benar-benar tepat sasaran, tidak ada masyarakat Sumut di sekitar daerah industri dan perusahaan yang hidup tidak layak.

“Kami mendengar ajakan pemerintah Indonesia untuk bersama-sama membantu Indonesia menjaga komitmen untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan. Namun kami dari sektor swasta menyadari bahwa untuk mencapai SDGs adalah upaya kolektif dan tidak dapat dilakukan tanpa kolaborasi," ujar General Affairs Manager PTTEP Indonesia Afiat Djajanegara.

Sebagai langkah nyata, PTTEP Indonesia akan mengadakan seminar serupa di kota-kota besar Indonesia, agar semua pemangku kepentingan dapat saling membantu untuk mencapai SDGs. 

Pemprov Sumut sedang berupaya untuk menyusun dan merencanakan program-program yang berkelanjutan dan untuk jangka panjang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News