Wah Jalan Sememi Bakal Lebih Lebar

Wah Jalan Sememi Bakal Lebih Lebar
FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Beberapa alat berat terlihat bersiap menghaluskan aspal yang menjadi lapisan teratas box culvert di Jalan Raya Sememi Ketika pemasangan box culvert, pengerjaan dibagi menjadi tiga titik. Begitu pula pengaspalan. Yang digarap kali pertama adalah wilayah Kelurahan Babat Jerawat, Kecamatan Pakal.

Pelaksana lapangan pengerjaan box culvert dari PT Media Cipta Perkasa Riski Sugianto mengatakan, saat ini pengaspalan baru mencapai 125 meter. Sebab, baru dilakukan tiga hari terakhir. Target pengaspalan di titik pertama sekitar 400 meter. ''Kami hanya bisa mengerjakannya malam hari,'' katanya.

Mereka tidak bisa langsung mengaspal dalam jarak panjang karena harus membersihkan sisa material pengerjaan kemarin. ''Jadi, setelah box culvert dipasang, kita lakukan overtopping atau pengecoran,'' jelasnya. Baru setelah itu, dua kali pengaspalan. Tahap pertama adalah dasar, sedangkan tahap kedua menghaluskan. Ketebalan aspalnya pun sama. Masing-masing 4 sentimeter.

Riski menjelaskan, selain mengaspal, pihaknya menyelesaikan median jalan. Saat ini pengerjaan median mencapai sekitar 1,1 kilometer. ''Median jalan bareng dengan pemasangan box culvert,'' katanya. Dia menyatakan terus mengebut pengerjaan agar selesai sebelum hujan datang.

Setelah selesai, box culvert yang terpasang diketahui hanya sepanjang 2,4 kilometer. Berkurang dari target awal 2,7 kilometer. Namun, menurut Rizky, anggarannya sama. Penyusutan itu terjadi karena lebar jalan yang terpengaruh pemasangan box culvert bertambah. Dulu direncanakan jalan baru yang muncul setelah box culvert terpasang adalah 8 meter. Ternyata, lebarnya bervariasi menjadi 12-15 meter.

''Lebarnya berbeda-beda karena menyesuaikan lahan yang ada,'' jelasnya. Pelebaran itu, kata Riski, dilakukan untuk memaksimalkan aset pemkot. Jika ditotal, saat ini pemasangan box culvert mencapai 2 kilometer. (omy/c19/any)


Dulu direncanakan jalan baru yang muncul setelah box culvert terpasang adalah 8 meter. Ternyata, lebarnya bervariasi menjadi 12-15 meter


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News