Wah, Sejumlah PNS, Anak Buah Bu Risma Diduga jadi Anggota Pemenangan Eri-Armuji

Wah, Sejumlah PNS, Anak Buah Bu Risma Diduga jadi Anggota Pemenangan Eri-Armuji
Salah satu baliho bergambar Tri Rismaharini bersama Bacawali Surabaya Eri Cahyadi di Kota Surabaya. Foto: ANTARA/HO-Media Center Eri-Armuji

jpnn.com, SURABAYA - DPRD Kota Surabaya siap memanggil nama-nama aparatur sipil negera (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya yang masuk dalam data tim pemenangan Eri Cahyadi-Armuji dalam Pemilihan Walikota Surabaya.

Wakil Ketua DPRD Surabaya, A Hermas Thony menyampaikan, telah meminta Komisi A untuk segera memanggil dan melakukan klarifikasi.

ASN yang terlibat dalam timses ERJI, berpotensi menciderai prinsip netralitas.

"Kalaulah memang benar, hal ini merupakan pencideraan publik dalam berdemokrasi yang seharusnya bersifat jujur, adil, transparan, demokratis dan bermartabat," kata Thony

Selain itu, ASN yang terlibat dalam politik praktis juga melanggar Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Pria yang juga Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Surabaya itu melanjutkan, di dalam peraturan tersebut sudah jelas bahwa ASN wajib menjaga netralitas dan bebas dari pengaruh (intervensi) semua golongan dan partai politik. "Selain itu juga diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 tentang Disiplin PNS serta masih banyak yang lain," imbuhnya.

Apabila berita ini benar, menurut Thony, harus segera dilakukan penindakan sesuai UU yang berlaku. Namun apabila tidak terbukti kebenarannya, maka Thony meminta segera dilakukan penandatanganan Pakta Integritas kepada pejabat eselon di seluruh tingkatan Pemerintah Kota Surabaya

Tak hanya itu, Thony juga meminta Walikota Surabaya Tri Rismaharini untuk dapat melakukan pembinaan kepada jajarannya, terkait upaya menjaga marwah netralitas para ASN dalam menciptakan demokrasi yang bermartabat.

Komisi A di DPRD akan memanggil dan melakukan klarifikasi terkait dugaan ASN Pemkot Surabaya anak buah Tri Rismaharinia jadi tim pemenangan Eri-Armuji.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News