Wahai TikTok Indonesia, Jangan Coba-Coba Membohongi Menkop Teten soal Produk Asing

Wahai TikTok Indonesia, Jangan Coba-Coba Membohongi Menkop Teten soal Produk Asing
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki tak percaya klaim TikTok Indonesia bahwa fitur e-commerce mereka bersih dari produk asing. Foto: ANTARA/ (Sinta Ambarwati)

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki tidak mempercayai klaim bahwa TikTok Shop bersih dari produk asing.

Berdasarkan pengalamannya, pelaku e-commerce tidak punya kemampuan untuk memastikan asal-usul setiap produk yang dijual di platform mereka.

"Sekarang mereka klaim 'oh nggak yang dijual bukan produk luar'. Semua pelaku e-commerce enggak bisa mastiin, berapa produk UMKM atau misahin mana produk UMKM, mana produk impor. Yang mereka bisa pastiin yang jualan di online-nya adalah UMKM. Jangan coba bohongi saya!" kata Teten sdi kantor Kemenkop UKM, Jakarta, Rabu (12/7).

Teten menilai produk-produk asing yang berseliweran di social commerce seperti TikTok berbahaya bagi UMKM.

Dia pun mengharapkan Kementerian Perdagangan (Kemendag) segera menyelesaikan revisi Permen 50/2020 yang akan memperketat pembatasan produk impor di e-commerce.

"Bukan anti-produk dari luar, kita sudah pasar yang terbuka tapi kita juga perlu melindungi UMKM kita supaya tidak kalah bersaing," pungkasnya.

Sebelumnya, TikTok Indonesia membantah isu tentang dominasi produk asing di TikTok Shop.

Mereka juga membantah rumor tentang beroperasinya project TikTok S di Indonesia.

TikTok Indonesia membantah isu tentang dominasi produk asing di TikTok Shop. Namun, Menkop Teten Masduki tak percaya begitu saja

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News