Wahana Antariksa China Kirim Gambar dari Bulan

Wahana Antariksa China Kirim Gambar dari Bulan
Wahana Antariksa China Kirim Gambar dari Bulan

jpnn.com - BEIJING--Wahana antariksa penjelajah milik China, Jade Rabbit atau Kelinci Giok dalam bahasa Mandarin, telah mengirim foto-foto pertama dari Bulan.

Wahana yang memiliki enam roda itu bergerak ke sebuah titik berjarak beberapa meter dari kendaraan pendaratan, sehingga kedua wahana dapat saling mengambil mengabadikan momen tersebut. Foto tersebut lantas ditransmisikan secara langsung ke Pusat Kendali Antariksa Beijing dan disaksikan oleh Presiden Cina Xi Jinping dan Perdana Menteri Li Keqiang.

Menurut laman BBC, Senin (16/12), penjelajah ini dijadwalkan tinggal selama tiga bulan untuk mempelajari struktur geologi permukaan Bulan dan mencari sumber daya alam. Sedangkan kendaraan pendaratnya akan melakukan eksplorasi sains selama satu tahun.

China sendiri menjadi negara nomor tiga setelah Amerika Serikat dan bekas Uni Soviet yang dapat mengirim misi ke Bulan.

Program antariksa China, yang didukung militer, telah membuat kemajuan metodis dalam waktu singkat meski negara itu jauh tertinggal secara teknologi dari AS atau Rusia.

Beijing juga berencana membangun stasiun antariksa permanen pada 2020 dan mengirim astronotnya ke Bulan.(esy/jpnn)


BEIJING--Wahana antariksa penjelajah milik China, Jade Rabbit atau Kelinci Giok dalam bahasa Mandarin, telah mengirim foto-foto pertama dari Bulan.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News