Wahana Dreamworld Kurang Pengawasan Regulator

Wahana Dreamworld Kurang Pengawasan Regulator
Wahana Dreamworld Kurang Pengawasan Regulator

Wahana Thunder River Rapids Ride di taman hiburan ‘Dreamworld’ tidak mendapat pengawasan keselamatan yang layak oleh regulator selama hampir tujuh tahun sebelum terjadi kecelakaan pada tahun 2016 dan menewaskan empat orang.

Temuan ini terungkap ketika Pemerintah Palaszczuk bergerak untuk meningkatkan pengawasan standar keamanan di taman-taman hiburan di Queensland dalam upaya untuk membangun kembali kepercayaan publik.

Program ABC 7.30 meminta akses terhadap dokumen-dokumen yang dipegang oleh Kantor Hubungan Industrial negara bagian Queensland di bawah undang-undang Hak atas Informasi, tetapi tidak dapat menemukan inspektur

Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Queensland (WHSQ) yang meninjau Thunder River Rapids Ride.

Dalam sebuah pernyataan kepada 7.30, seorang juru bicara untuk WHSQ mengatakan "pemilik wahana hiburan bertanggung jawab untuk memastikan keselamatan setiap wahana yang mereka operasikan, dan yang paling penting keselamatan anggota masyarakat yang mengendarainya".

"Pemeriksaan tahunan harus dilakukan oleh insinyur profesional yang terdaftar yang dilibatkan oleh pemilik kendaraan".

Wahana Dreamworld Kurang Pengawasan Regulator Photo: Bunga penghormatan bagi korban di Dreamworld. (ABC News: Ashleigh Stevenson)


Profesor Michael Quinlan, seorang ahli dalam peraturan kesehatan dan keselamatan kerja pada Universitas New South Wales, mengatakan kurangnya inspeksi tidak akan terjadi jika regulator keamanan telah memperlakukan wahana taman bermain berbahaya sebagai prioritas utama.

"Tempat kerja akan diperiksa lebih sering dan lebih ketat," katanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News