Wajib Tahu! Ini 5 Manfaat Berolahraga untuk Menjaga Masa Tua

Wajib Tahu! Ini 5 Manfaat Berolahraga untuk Menjaga Masa Tua
Siklus tubuh memaksakan kita untuk harus berolahraga secara konsisten, Foto: iHerb

jpnn.com, JAKARTA - Orang dewasa yang sehat harus beraktivitas fisik secara konsisten karena bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh.

Dilansir dari iHerb, Dr. Amy Shah MD dengan berbagai referensinya memaparkan manfaat berolahraga:

1. Memperlambat Efek Penuaan pada Sistem Kekebalan Tubuh

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga secara efisien mengurangi efek penuaan pada sistem kekebalan tubuh. Proses penuaan memiliki banyak efek pada tubuh manusia. 

Meskipun merupakan proses alami, hal itu dapat dilawan atau ditunda dengan membentuk kembali gaya hidup. Suplemen kolagen dapat membantu melindungi persendian dan meningkatkan kualitas kulit saat bekerja untuk membangun kekuatan kekebalan.

2. Mendukung Sirkulasi Darah dan Peningkatan Imunosurveilans

Peningkatan sirkulasi ini memobilisasi sel-sel penting dari sistem kekebalan tubuh seperti sel-T, sitokin, neutrofil, dan lain-lain. Peningkatan mobilisasi sel-sel ini meningkatkan imunosurveilans.

Sebuah immunosurveillance ditingkatkan berarti tubuh lebih waspada dan siap untuk melawan infeksi. Dengan kata lain, olahraga memfasilitasi keadaan antioksidan dan anti-inflamasi. 

3. Aktivitas Fisik Secara Teratur Memiliki Efek Positif Secara Keseluruhan

Sebuah artikel tahun 2019 yang diterbitkan dalam Journal of Sports and Health Sciences menyebutkan semakin banyak bukti bahwa aktivitas fisik moderat secara teratur memiliki pengaruh anti-inflamasi secara keseluruhan. 

Olahraga sudah menjadi kebutuhan wajib bagi manusia di saat pandemi ini, adapun cara sederhananya mari kita simak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News