Wajibkan Seluruh PSK Ikut Pelatihan

Rencana Penutupan Lokalisasi Dolly-Jarak

Wajibkan Seluruh PSK Ikut Pelatihan
Wajibkan Seluruh PSK Ikut Pelatihan

jpnn.com - SURABAYA - Lokalisasi Dolly dan Jarak di Surabaya ditutup secara bertahap dan smooth. Dengan begitu, munculnya gejolak penolakan rencana penutupan lokalisasi terkenal tersebut bisa berkurang.

Setelah program pendampingan dai, Dinas Sosial (Dinsos) Surabaya akan mengadakan pelatihan bagi PSK dan mucikari. Pelatihan itu dimulai bulan ini. Program pelatihan tersebut sudah disosialisasikan kepada seluruh ketua RW di Dolly dan Jarak.

“Sudah kami kumpulkan. Intinya, mereka harus mendukung rencana penutupan Dolly dan Jarak,” jelas Kabid Rehabilitasi Sosial (Rehabsos) Dinsos Surabaya Dedy Sosialisto.

Karena itu, dinsos juga meminta para ketua RW untuk mendata materi pelatihan yang diinginkan PSK dan mucikari. Dedy menyebutkan bahwa dinsos sudah menyediakan tiga jenis pelatihan. Yakni, tata boga, handicraft, dan penjahitan kreatif.

Setiap pelatihan maksimal diikuti 300 orang PSK. “Seluruh PSK wajib ikut pelatihan. Total, terdapat 900 PSK yang menjalani pelatihan tersebut,” ungkapnya.

Dedy menuturkan, pelatihan itu masih sebatas usul. “Masih belum fixed,” katanya. Nanti PSK berhak meminta pelatihan yang cocok bagi dirinya. Usul itu akan diserahkan kepada ketua RW, lalu diteruskan ke kelurahan dan disampaikan kepada dinsos.

Untuk pelatihan, dinsos bakal melibatkan tenaga profesional. Pelatihan akan di-handle langsung oleh perusahaan dan berlangsung selama empat bulan. Dedy mengungkapkan bahwa sudah ada beberapa perusahaan besar di wilayah Surabaya yang menyatakan ikut serta.

Selain perusahaan, dinsos mengajak lembaga pelatihan untuk mengajar para PSK tersebut. “Jadi, ketika dilatih, mereka akan mahir,” ujarnya.

SURABAYA - Lokalisasi Dolly dan Jarak di Surabaya ditutup secara bertahap dan smooth. Dengan begitu, munculnya gejolak penolakan rencana penutupan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News