Waketum PAN Minta Partainya Tidak Tergantung Amien Rais

Waketum PAN Minta Partainya Tidak Tergantung Amien Rais
Amien Rais. Foto: dok.Jawapos.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum (Waketum) PAN Bara Hasibuan meminta partai tempatnya bernaung tidak bergantung kepada Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais. Terutama ketika PAN berencana memutuskan arah koalisi setelah rangkaian Pilpres 2019 berakhir.

"Tidak bisa kalau partai mengeluarkan keputusan, selalu partai khawatir apakah orang ini (Amien Rais, red) setuju atau tidak, suka atau tidak, itu tidak bisa," kata Bara kepada awak media, Rabu (10/7).

Bara menerangkan, PAN mesti kuat secara kolektif. Partai harus terbebas ketergantungan terhadap satu orang jika mau bersaing di Pemilu 2024.

BACA JUGA: Waketum PAN Merasa Sudah Ada Lampu Hijau dari TKN Jokowi – Ma’ruf

"Kuncinya itu secara institusi harus kuat dan harus meninggalkan ketergantungan berlebihan kepada satu orang," kata dia.

Saat ini, kata Bara, PAN harus mendengar suara akar rumput untuk menentukan arah politik setelah rangkaian Pilpres 2019. Bara pun menyinggung suara kader tingkat bawah yang menginginkan PAN merapat ke pemerintahan.

BACA JUGA: Bara Hasibuan: PAN Siap Kawal Presiden Jokowi Memimpin Sampai 2024

"Jangan lihat di sini bahwa PAN hanya ambisi mendapatkan kursi di kabinet, 1-2 kursi di kabinet. Menurut saya itu tidak terlalu penting," kata dia. (mg10/jpnn)


Jika PAN ingin bersaing di Pemilu 2024, Bara mengingatkan partainya tersebut harus meninggalkan ketergantungan kepada Amien Rais.


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News