Rabu, 21 Agustus 2019 – 07:36 WIB

Waketum PAN Sebut Partai Pemerintah Juga Menjalankan Fungsi Oposisi

Selasa, 16 Juli 2019 – 23:14 WIB
Waketum PAN Sebut Partai Pemerintah Juga Menjalankan Fungsi Oposisi - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi mengapresiasi pesan Presiden Joko Widodo saat berpidato di SICC, Sentul, Bogor, Jawa Barat, yang menyinggung kemuliaan oposisi sesuai dengan fungsi check and balance dalam dunia demokrasi.

Menurut dia, berdemokrasi membutuhkan check and balance dalam rangka mengkritik, mengimbangi, memonitor jalannya eksekutif.

“Jadi, kekuatan oposisi baik di dalam maupun di luar parlemen sangat penting, karena proses untuk mengkritik dan me-monitoring terhadap jalannya pemerintah agar pemerintahan bisa berjalan bersih, sehat, kuat dan berwibawa,” kata Viva di gedung DPR, Jakarta, Selasa (16/7).

BACA JUGA: Gerindra Bakal Makin Tertinggal jika Terus Jadi Oposisi

Viva menjelaskan, berdasar konstitusi, seluruh anggota DPR baik itu dari partai yang ada di dalam maupun luar pemerintahan, sama-sama menjalankan fungsi kontrol atau pengawasan.

Berdasar pengalamannya 10 tahun di DPR, Viva melihat justru partai pemerintahlah yang melakukan fungsi oposisi sebenarnya.

“Kenapa begitu? Ya justru kami bertanggung jawab supaya pemerintahan ini berjalan sehat, kuat, dan bersih. Oleh karena itu, dalam proses check and balance, kekuatan oposisi di parlemen penting,” ungkap Viva.

Dia menambahkan soal apakah PAN akan berada di dalam atau luar pemerintah, akan ditentukan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas). Menurut dia, dinamika internal PAN merupakan bagian demokratisasi, dan menunjukkan kepada publik bahwa partai ini reformis, terbuka yang inklusif dan menyerap semua ide, gagasan, dan asapirasi.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar