Wakil Ketua DPR Tegaskan Indonesia Konsisten Asas Piagam ASEAN

Wakil Ketua DPR Tegaskan Indonesia Konsisten Asas Piagam ASEAN
Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin. Foto: Humas DPR RI.

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin menyikapi perkembangan dinamika politik di Myanmar yang telah memakan korban jiwa dan luka.

Azis menegaskan sikap Indonesia terkait persoalan Myanmar sudah sejalan dengan asas-asas Piagam ASEAN (ASEAN Charter).

“Indonesia sangat prihatin atas perkembangan politik di Myanmar,” kata Azis dalam pernyataan resminya, Senin (1/3).

Azis mengatakan sebagai negara sahabat dan juga sesama keluarga besar ASEAN, Indonesia berharap situasi politik dalam negeri Myanmar dapat kembali pulih sesuai dengan asas-asas demokrasi demi kesejahteraan rakyat dan stabilitas kawasan.

“Khususnya masa pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia, justru stabilitas itu menjadi sangat penting,” ungkap Azis.

Pimpinan DPR bidang koordinasi politik, hukum, dan keamanan itu menilai segala bentuk kekerasan terhadap masyarakat sipil tidak dapat dibenarkan.

Azis berharap semua pihak dapat menahan diri serta mengedepankan dialog agar tetap dalam kerangka demokrasi yang selalu mengedepankan aspek kemanusiaan (humanity).

“Pemerintah untuk terus mengupayakan segala langkah-langkah agar proses demokrasi di Myanmar dapat kembali ke arah sebagaimana mestinya dan tidak berkembang menjadi isu geopolitik baru di kawasan ini,” katanya.

Azis mengatakan sebagai negara sahabat dan juga sesama keluarga besar ASEAN, Indonesia berharap situasi politik dalam negeri Myanmar dapat kembali pulih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News